Gubernur Maluku Tinjau Persiapan Kunjungan Presiden di Empat Daerah

Share:

Gubernur Maluku Murad Ismail berdialog dengan Bupati Maluku Tenggara Taher Hanubun di Langgur, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara, Selasa (13/9/2022), untuk mengecek persiapan kunjungan Presiden Joko Widodo di empat daerah di Provinsi Maluku yang dimulai pada Rabu (14/9/2022). (HO-Diskominfo Maluku/ant)


satumalukuID - Gubernur Maluku Murad Ismail bersama pimpinan TNI dan Polri berkunjung ke Kota Tual dan Maluku Tenggara untuk meninjau dan mengecek berbagai persiapan jelang kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di empat daerah di provinsi ini pada Rabu (14/9/2022).


Gubernur Murad yang didampingi istrinya Widya Pratiwi Murad bersama Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif telah tiba di Langgur, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara, Selasa (13/9/2022) sore, untuk mengecek berbagai persiapan kunjungan Kepala Negara di wilayah itu.

"Semua hal saya koordinasikan termasuk mengecek Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga dan Bupati Maluku Barat Daya (MBD) Benjamin Thomas Noach terkait persiapan penyambutan Kepala Negara," katanya.

Menurut Gubernur yang juga didampingi Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Penjabat Sekda Maluku Sadli Ie, Kepala BIN Maluku Brigjen TNI Jimmy Aritonang, Presiden bersama Ibu Negara dan sejumlah menteri akan tiba di Tual pada Rabu (14/9/2022) siang untuk memulai rencana kunjungan di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, dan menginap di sana.

"Nanti pada Kamis (15/9/2022) pagi, Bapak Presiden Jokowi akan terbang menuju Dobo, ibu kota Kabupaten Kepulauan Aru untuk kunjungan di sana, dan dari Aru langsung menuju ke MBD dan kemungkinan akan menginap di sana, dan pada Jumat (16/9/2022) akan kembali ke Jakarta melalui Maluku Tenggara," ujar Gubernur.

Kabupaten Kepulauan Aru merupakan wilayah perbatasan dan beranda negara, karena berbatasan dengan negara tetangga Australia, sedangkan Maluku Barat Daya berbatasan dengan Timor Leste.

Murad menegaskan, kunjungan Presiden Jokowi dan sejumlah menteri ke empat daerah di Maluku secara sekaligus yang waktunya hanya selisih dua pekan setelah kunjungan ke Saumlaki Kepulauan Tanimbar pada 1-2 September 2022, merupakan anugerah dan kebahagiaan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Maluku.

"Jadi kita semua patut berbangga dan berbahagia karena hanya dalam dua pekan Bapak Presiden dan rombongan akan kembali berkunjung ke Maluku dan bermalam di daerah yang masih minim sarana dan prasarananya," ujar Gubernur.
Menurut mantan Kakor Brimob Polri itu, selain terkesan dengan sambutan hangat masyarakat Maluku saat berkunjung ke Saumlaki dan Ambon, Presiden juga ingin melihat secara dekat perkembangan pembangunan di dua kabupaten yang menjadi beranda Indonesia dengan negara tetangga itu.

"Beliau sangat senang dengan sambutan hangat masyarakat. Makanya beliau berkeinginan kembali berkunjung ke Maluku. Saya harap Pak Bupati Aru dan MBD dapat mempersiapkan penjemputan Pak Presiden dengan baik," katanya lagi.

Bupati Maluku Tenggara Thaher Hanubun secara terpisah menyampaikan rencana kunjungan Presiden Jokowi di wilayah kerjanya, di antaranya mengunjungi kawasan wisata Ngurbloat di Ohoi (Desa) Ngilngof dan meninjau produk UMKM masyarakat setempat serta kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Dumar di Kota Tual.

"Dari hasil video conference dengan Protokoler Kepresidenan, agenda yang kami tawarkan sudah disetujui. Mudah-mudahan tidak ada perubahan," ujar Taher.

Sedangkan pada Kamis (15/9/2022) pagi, Presiden direncanakan kembali melakukan kunjungan ke Pasar Tradisional Langgur dan Kantor PT Pos Indonesia di Langgur,,dan setelah itu berangkat menuju Aru dan MBD, sebelum kembali ke Jakarta pada Jumat (16/9/2022).


Penulis : Jimmy Ayal/ant
Penerbit: Redaksi
Share:
Komentar

Berita Terkini