115 Karateka Ikut Kejuaraan Karate Piala Wali Kota Ambon

Share:

Kejuaraan karate memperebutkan piala Wali Kota Ambon pada 21- 22 September 2022, dalam rangka mencari atlet terbaik yang akan diikut sertakan dalam Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POP-Mal) IV pada November 2022,Rabu (21/9/2022).
Photo: Penina F Mayaut/ant

satumalukuID - Sebanyak 115 karateka dari tujuh perguruan di Ambon mengikuti kejuaraan karate pada 21- 22 September 2022, memperebutkan piala Wali Kota Ambon dalam rangka mencari atlet terbaik yang akan diikutsertakan dalam Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POP-Mal) IV pada November 2022.


Ketua Forum Olahraga Karate Indonesia (Forki) Kota Ambon, Agus Ririmasse menyatakan, seleksi yang dikemas dalam kejuaraan ini akan menghasilkan empat kandidat terbaik per 13 kelas yang nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan di POPMal pada 17- 27 November 2022.

"Forki Kota Ambon mengambil langkah cepat untuk menyeleksi atlet karate yang ada di Ambon. Karateka ini merupakan atlet terbaik dari setiap perguruan yang ada di dalam lingkup Forki kota Ambon," katanya.

Ia menyatakan, setelah terpilih empat kandidat atau juara dari 13 kelas yang diikutsertakan dalam proses ini, pihaknya akan melaksanakan Trainig Center (TC) selama dua bulan kepada para atlet guna mempersiapkan mereka menghadapi kejuaraan tingkat provinsi.

"Forki Kota Ambon, katanya, akan melaksanakan TC setelah ini selama dua bulan. Tidak hanya juara satu dan dua saja yang akan diambil, tetapi juara tiga dan empat kita akan panggil untuk TC lagi,” ujarnya.

Agus berharap, melalui kejuaraan ini dapat membawa kota ini menjadi juara umum dalam ajang POP-Mal nantinya.

“Sehingga diharapkan hari ini melahirkan atlet-atlet yang berprestasi yang mempunyai kemampuan, teknik untuk mengikuti Pop-Mal," ujarnya.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena mengatakan, kejuaraan ini bukan untuk mencari juara tetapi kualitas olahraga di kota Ambon.

Karateka katanya, komplit dalam semua hal seperti emosi menghormati orang lain, jaga sportifitas, artinya seorang karateka tuntas dalam pengendalian diri mewujudkan olahraga prestasi.

"Karena itu seluruh komponen cabang olahraga prestasi harus bekerja sama, di mana butuh komitmen yang terbaik berlatih dengan baik tingkatkan kualitas diri akan berhasil," katanya.

Penjabat juga memberikan apresiasi kepada Ketua Umum Forki yang juga merupakan Sekot Ambon, atas pelaksanaan proses seleksi atlet karateka ini.

Dirinya berharap, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini dapat berjalan dengan baik.

”Pemerintah kota memberikan apresiasi bagi Forki Ambon dan seluruh jajaran yang telah berupaya untuk melakukan event kejuaraan karate dalam rangka memperebutkan piala wali kota,” katanya.



Penulis : Penina Fiolana Mayaut/ant
Penerbit : Redaksi
Share:
Komentar

Berita Terkini