Sambut Hari Perhubungan Nasional, KSOP Ternate Sosialisasi Keselamatan Pelayaran bagi Siswa

Share:

satumalukuID – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Ternate, Maluku Utara (Malut) menggelar kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada tanggal 17 September 2022.

Kepala KSOP Kelas ll Ternate Agustinus di Ternate, Kamis (18/8/2022), menyatakan sosialisasi ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya bagi siswa/siswi SMA dan SMK akan pentingnya aspek keselamatan pelayaran.

Mengingat daerah Malut lebih luas wilayah laut dibanding daratan, sehingga pergerakan orang lebih banyak memanfaatkan moda transportasi laut.

Dia menyatakan, materi Sosialisasi yang diberikan lebih pada alat alat keselamatan yang biasanya terdapat di atas kapal serta menjelaskan kepada siswa langkah apa yang harus dilakukan apabila mereka berada di atas kapal yang mengalami musibah kecelakaan laut.

Agustinus juga mengapresiasi seluruh pihak sekolah yang mau memberikan waktu untuk melakukan giat sosialisasi keselamatan di sekolahnya.

Selain itu Agustinus mengakui, antusias para siswa saat sesi tanya jawab membuat KSOP lebih bersemangat untuk menjelaskan karena banyak dari siswa yang belum tahu kegunaan dari alat alat keselamatan di atas kapal.

Aspek keselamatan, kata Agustinus, merupakan tanggung jawab semua pihak sehingga bukan saja tanggung jawab pihak syahbandar dan dengan terciptanya kesadaran masyarakat dia berharap dapat meminimalisir kecelakaan laut yang diakibatkan oleh kelalaian manusia.

Pelaksanaan sosialisasi Kamis (18/8) dilakukan di SMA N 4 Kota Ternate yang diikuti oleh kurang lebih 100 siswa yang terdiri dari kelas 10 dan 11 dan pelaksanaan sosialisasi ini akan dilanjutkan pada SMK 1, SMK 2, SMA 1  Kota Ternate.

Share:
Komentar

Berita Terkini