Ahli Perikanan Sebut Maluku Perlu Budi Daya Ikan Air Tawar

Share:

Sejumlah kapal penangkap ikan tidak melaut karena cuaca buruk di Laha, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Sabtu (10/7/2021).

satumalukuID - Ahli perikanan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku, Jacqueline Sahetapy mengemukakan Provinsi Maluku membutuhkan pembudidayaan ikan air tawar guna membantu memajukan ekonomi daerah.

"Budi daya ikan air tawar itu jangka panennya cepat dan mudah dilakukan di mana saja," ujarnya di Ambon, Maluku, Senin (20/2/2023).

Menurut Ketua Jurusan Budidaya Perairan Fakultas Perikanan Unpatti itu, budi daya ikan air tawar menjadi penting dilakukan seiring iklim dan cuaca tak menentu di perairan Maluku, sehingga menghambat nelayan mencari ikan di laut.

"Kita lihat saja sekarang iklim dan cuaca tak menentu, harga ikan laut jadi mahal, untuk itu budi daya ikan air tawar bisa menjadi solusi," ucapnya.

Ia mengatakan hal itu tentunya akan meningkatkan ekonomi di Maluku.

Jacqueline mengatakan pihaknya telah melakukan kerja sama dengan dinas terkait untuk melakukan sosialisasi serta penyuluhan tentang pentingnya budi daya ikan air tawar di tengah cuaca yang tidak mendukung untuk berlayar seperti sekarang ini.

"Kita sudah kerja sama dengan Dinas Perikanan Kota Ambon untuk membuka sentra budi daya ikan air tawar di beberapa wilayah, salah satunya di kawasan Seri, Pulau Ambon," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Budidaya Perairan Unpatti Daniel Louhennapessy mengungkapkan ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk budi daya ikan air tawar.

Di antaranya, kolam tanah yang banyak dipakai karena cara membuatnya mudah dan biaya pembuatannya murah.

Menurut dia, terdapat dua tipe kolam tanah, yakni kolam tanah dengan tanggul tanah dan dengan tanggul tembok atau batu.

"Kolam tanah mempunyai keunggulan bisa menyediakan pakan alami bagi ikan. Berbagai organisme selain ikan, seperti cacing atau tumbuhan air bisa tumbuh subur di dasar kolam. Tipe kolam ini membantu mengurangi biaya pakan," ujarnya.

Kemudian, kolam air deras yang untuk membuatnya diperlukan debit air besar dan arus yang kuat.

Kelebihan budi daya ikan di kolam air deras adalah ikan akan terus bergerak sehingga nafsu makannya besar.

Selain itu, kadar oksigen terlarut dalam kolam air deras relatif lebih tinggi, sehingga kolam air deras mempunyai kapasitas padat tebar ikan yang lebih besar dibanding kolam air tenang.

"Luas kolam air deras biasanya berukuran kecil, tidak sebesar kolam air tenang," tambahnya.

Metoda lainnya adalah jaring apung. Budi daya ikan mas di jaring apung biasanya dilakukan di waduk-waduk besar dan danau.

Jaring terbuat dari bahan polietilen yang tahan lama dan dibuat menggantung pada kerangka rakit berbentuk segi empat. Kedalaman jaring apung maksimal tiga meter.

"Kualitas air tawar di Maluku ini bagus, maka itu, untuk budi daya ikan air tawar pasti mudah, seperti ikan koi, nila, dan sebagainya," ujar Daniel. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini