PLN Pulihkan Kelistrikan Ambon di Lokasi Terdampak Gangguan

Share:

Petugas PLN Unit Induk Wilayah Maluku Utara (UIW MMU) melakukan pemulihan kelistrikan sistem Ambon di lokasi terdampak gangguan sejak Rabu (30/11/2022).
Photo: Ho-Humas PLN UIW MMU/ant

satumalukuID - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku Utara (UIW MMU) melakukan pemulihan kelistrikan sistem Ambon di lokasi terdampak gangguan sejak Rabu (30/11/2022).

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan di Ambon akibat adanya gangguan yang terjadi pada sistem kelistrikan Ambon sejak Rabu (30/11/2022) pukul 18.30 WIT," kata Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIW MMU, Hairul Hatala, di Ambon, Kamis (1/12/2022).

Ia mengatakan, setelah melalui pemeriksaan secara menyeluruh, ditemukan penyebab gangguan tersebut yakni berada di Gas Insulated Substation (GIS) 150 kV Passo dikarenakan adanya anomali pada salah satu peralatan di jalur Waai.

Akibat hal tersebut, empat mesin PLTMG Ambon Peaker kehilangan beban.

"Sehingga mengakibatkan gangguan sistem kelistrikan Ambon seperti yang dialami Rabu kemarin", kata Hairul.

Gangguan berikutnya yang sempat Kamis (1/12) dini hari diakibatkan oleh gangguan pada gardu distribusi yang menyebabkan terbakarnya opstik penyambung kabel pada gardu di lokasi Mangga Dua.

Kemudian dilanjutkan dengan gangguan akibat cuaca ekstrim di beberapa lokasi sejak Kamis sore, yang mengakibatkan beberapa pohon tumbang turut menimpa jaringan listrik, khususnya di daerah Passo Larier sampai daerah Larike.

Saat ini katanya, petugas di lapangan berhasil kembali menormalkan seluruh pasokan sistem kelistrikan Ambon secara bertahap.

"Kami juga menghimbau seluruh pelanggan untuk dapat memanfaatkan fitur pengaduan di aplikasi PLN Mobile apabila terdapat gangguan kelistrikan yang dialami", ujar Hairul. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini