Ratusan Warga Ambon Periksa Kesehatan Gratis Peringati Hari Diabetes

Share:

Sejumlah peserta sementara melakukan pengecekan kesehatan gratis pada saat peringatan hari diabetes internasional di Ambon. (12/11/2022)
satumalukuID - Ratusan warga Kota Ambon, Maluku, mengikuti kegiatan pemeriksaan gratis berupa pengecekan tensi darah dan gula darah yang diselenggarakan Nutrifood Indonesia memperingati Hari Diabetes Internasional 2022.

"Untuk pelayanan kesehatan gratis ditangani tim medis dari Rumah Sakit Siloam Ambon, namun untuk berapa persen dari mereka yang menjalani pemeriksaan mengidap diabetes melitus masih dikoordinasikan," kata Area Marketing Executive at Nutrifood Indonesia Maluku Muhamad Fadhil Nugraha di Ambon, Sabtu (12/11/2022).

Menurut dia, warga yang mengikuti pemeriksaan kesehatan ini bukan saja para orang tua tetapi juga banyak kalangan remaja dan dewasa yang mendatangi tenda pemeriksaan.

Sejumlah rangkaian kegiatan memperingati hari diabetes internasional 2022 yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon dimulai dengan senam bersama, talkshow, doorprize, bazar, serta donor darah yang dilayani petugas Palang Merah Indonesia Cabang Ambon.

"Peserta juga diberi pencerahan lewat brosur tentang diet diabetes melitus yang memuat tujuan diet memberikan makanan sesuai kebutuhan, mempertahankan kadar gula dalam darah sampai normal, dan menjaga berat badan," ucap Fadhil.

Kemudian ada makanan dan minuman yang disarankan untuk dikurangi bahkan dihindari seorang pasien pengidap diabetes berupa menghindari konsumsi protein hewani seperti keju, abon, dendeng, susu full cream, termasuk durian yang diawetkan, nangka, alpukat, kurma, dan manisan buah.

Berbagai pihak yang turut mendukung kegiatan ini diantaranya pemkot Ambon, pegadaian digital, Germas, PMI, RS Siloam, hingga kalangan perhotelan seperti Swiss-belhotel.

Jumlah warga yang mendaftarkan diri di panitia untuk mengikuti kegiatan hari ini sebanyak 700 orang. (Daniel Leonard/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini