Wali Kota Ternate Minta Kelestarian Kawasan Geopark Tubo Dijaga

Share:

Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman bersama Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Sultan Baabullah Ternate, BMKG, Red Corner, dan penggiat lingkungan membersihkan destinasi wisata kawasan geopark Tubo di Ternate, Malut, Jumat (28/10/2022).

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut), meminta seluruh elemen masyarakat terus menjaga dan merawat kelestarian kawasan destinasi geopark Tubo, terutama kebersihannya.

"Pemkot Ternate terus merawat konservasi Geowisata Batu Angus dan kita mendorong situs geopark ini sebagai warisan dunia. Untuk itu, camat dan lurah harus proaktif menjaga kebersihan lingkungan, terutama di kawasan wisata geopark Tubo sebagai salah satu destinasi wisata yang harus dirawat dan dijaga," kata Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman saat bersama elemen dari Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Sultan Baabullah Ternate dan penggiat lingkungan membersihkan destinasi wisata kawasan geopark Tubo di Ternate, Malut, Jumat (28/10/2022).

Selain itu, kata Wali Kota, pihaknya juga meminta lurah dan camat untuk mengawasi jangan sampai adanya perambahan permukiman bisa mengancam keindahan dan kelestarian geopark sebagai salah satu potensi wisata andalan di Kota Ternate

Menurut dia, Pemkot Ternate akan memasang kamera CCTV di kawasan geopark, sehingga tidak ada lagi warga yang seenaknya membuang sampah secara sembarangan, karena menjadi salah satu kawasan wisata yang harus dijaga kelestariannya.

Pemkot Ternate saat ini, tengah merawat kawasan Geopark Batu Angus Kulaba dan Tubo yang memenuhi syarat menjadi destinasi geopark nasional karena di dalamnya terdapat fenomena alam bekas letusan gunung api berusia lebih dari 200 tahun dan tetap terpelihara.

Fenomena alam serupa, tidak ditemukan di gunung api lainnya di Indonesia.

Selain itu, Pemkot Ternate telah mengembangkan kawasan Geopark Batu Angus menjadi salah satu objek wisata unggulan Ternate yang selama ini banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Oleh karena itu, jika pengembangan kawasan Geopark Batu Angus terealisasi, maka diharapkan akan memberi kontribusi besar terhadap sektor pariwisata di daerah kelahiran Pahlawan Nasional Sultan Baabullah ini.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate meminta aparatur di tingkat kelurahan maupun kecamatan untuk intensif membantu melakukan pengawasan, menyusul banyaknya sampah bertebaran di kawasan geopark Tubo.

Kadis DLH Kota Ternate Tony Pontoh ketika dihubungi menyatakan, pihaknya setiap pekan menerjunkan personel bersama-sama aparatur pemerintahan di tingkat kelurahan dan kecamatan untuk membersihkan kawasan geopark Tubo dan sekitarnya.

Menurut dia, DLH meminta kepada warga untuk tidak seenaknya membuang sampah di lokasi kosong seperti kawasan geopark Tubo ini, karena seringkali dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah dan terkesan menjadi kotor dan kumuh. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini