TP2GP Verifikasi Usulan Calon Pahlawan Nasional dari Halmahera Tengah

Share:

satumalukuID – Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) melakukan verifikasi usulan Calon Pahlawan Nasional (CPN) Haji Salahuddin bin Talabuddin yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah melalui TP2GD Provinsi Maluku Utara (Malut).

“Verifikasi ini akan dilakukan di beberapa titik di Kota Ternate, Weda, dan Patani, Halmahera Tengah,” kata Perwakilan Penyusun Naskah Akademik CPN Salahuddin, Irfan Ahmad, di Ternate, Minggu (24/7/2022).

Dia menyatakan, rombongan tim verifikasi yang dipimpin Prof Mukhlis Paeni terdiri dari TP2GP, Tim Perpustakaan Nasional dan Sekretariat Direktorat Potensi dan Sumber Daya Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia telah tiba di Ternate pada Sabtu (23/7) kemarin.

Setiba di Ternate, tim langsung melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Malut, TP2GD Provinsi Maluku Utara dan Halmahera Tengah yang dilaksanakan di Restoran Sorasa di Ternate.

Verifika-si ini dilakukan untuk mencocokkan data-data yang tertuang dalam dokumen naskah akademik dengan kondisi faktual.

“TP2GP akan melihat semua data-data yang telah disampaikan dalam naskah akademik untuk melihat kesesuaian dan konsistensi naskah dengan kondisi faktual di lapangan,” kata Irfan.

Selain melakukan verifikasi data, tim juga akan mengunjungi tempat dan artefak yang mengabadikan nama Salahuddin. Tim akan mengunjungi makam Haji Salahuddin di kompleks kuburan Islam Kelurahan Salahuddin, lokasi penjara dan tempat dimana Haji Salahuddin dieksekusi di Ternate.

Selanjutnya tim akan melanjutkan perjalanan ke Weda dan Patani untuk mencocokkan data dengan kondisi lapangan di dua tempat ini.

Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara menugaskan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Halmahera Tengah untuk mendampingi tim selama proses verifikasi di beberapa titik di Kota Ternate, juga di Weda dan Patani.

Pemda dan masyarakat Halmahera Tengah merespons positif kegiatan ini dan akan mengawal proses ini sampai dengan tahap selanjutnya.

“Pemerintah dan rakyat Halmahera Tengah mendukung penuh kegiatan ini yang dibuktikan dengan doa bersama telah dilakukan oleh masyarakat di seluruh pelosok Halmahera Tengah, beberapa malam lalu,” kata Bupati Elang.

Pemerintah dan rakyat Halmahera Tengah juga berharap dukungan dari seluruh masyarakat Malut terhadap usulan CPN Haji Salahuddin bin Talabuddin sebagai Pahlawan Nasional, karena Haji Salahuddin adalah pahlawan kita semua.

Share:
Komentar

Berita Terkini