Kapal Nggapulu Angkut 1.051 Pemudik Tujuan Pulau Banda dan Kota Tual

Share:

satumalukuID – Sebanyak 1.051 penumpang mudik dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon menuju Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah dan Kota Tual menggunakan pelayanan Kapal Motor Nggapulu yang tiba dari kawasan barat Indonesia pada Minggu (24/4/2022).

“Totalnya ada 1.051 orang yang naik dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, kemudian di atas kapal terdapat 587 penumpang lanjutan, dan ditambah 97 kru kapal,” kata Pelaksana Harian Kapolsek Kantor Pelabuhan Yos Sudarso Ambon Ipda Jainal di Ambon, Senin (25/4/2022).

Terdapat 365 penumpang yang turun di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon pukul 17.00 WIT ketika kapal milik PT Pelni tersebut tiba dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, melewati Surabaya, Makassar, serta Pelabuhan Baubau.

Sebelum dilakukan kegiatan debarkasi dan embarkasi, tim terpadu dari Polsek KPYS Ambon didukung personel TNI AL, Kodam XVI/Pattimura, KSOP Kelas 1 Ambon, Karantina Kelas 2 Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, dan Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Ambon telah berada di lokasi pelabuhan.

Tim ini bertugas pengamanan dalam rangka arus mudik Lebaran 2022 dipimpin Pelaksana Harian Kapolsek KPYS Ambon Ipda Jainal.

Polsek setempat juga melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan Satgas Pam Lidik Gal Preemtif dalam rangka merazia barang bawaan penumpang yang turun maupun yang hendak naik ke kapal untuk memeriksa minuman beralkohol, narkoba, atau barang berbahaya lainnya.

Saat penumpang turun dan penumpang naik telah dilakukan pengecekan terhadap surat tes cepat antigen, yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan COVID-19 Kota Ambon. Hasil pemeriksaan terhadap para penumpang naik dan turun, semuanya sudah dilengkapi dokumen tersebut.

Saat penumpang embarkasi naik, telah dilaksanakan razia barang bawaan mereka oleh personel KPYS dan ditemukan barang berupa minuman beralkohol jenis sopi sebanyak 100 liter yang dikemas dalam 20 plastik es. Barang tersebut langsung dimusnahkan dengan cara dituangkan ke laut.

“Selanjutnya Kapal Pelni K.M. Nggapulu berangkat pada pukul 21.45 WIT tujuan Pelabuhan Banda dan Pelabuhan Tual,” ujarnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini