Stok Vaksin di Ambon Mencukupi untuk Pelaksanaan Vaksinasi Warga

Share:

satumalukuID – Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy menyatakan, stok vaksinasi COVID -19 mencukupi untuk pelaksanaan vaksinasi warga di ibu kota Provinsi Maluku.

“Saat ini stok vaksinasi COVID -19  yang tersedia di gudang farmasi Dinkes Ambon mencukupi, yang terdiri dari sinovac, AstraZeneca dan moderna, ” katanya, di Ambon, Selasa.

Stok vaksinasi sinovac yang tersedia sebanyak 339 vial atau 3.390 dosis, AstraZeneca 589 vial atau 5.890 dosis, dan vaksin moderna yang diperuntukkan bagi SDM kesehatan sebanyak 95 vial, yang mana satu vial untuk 14 dosis vaksinasi.

Stok vksin AstraZeneca diperuntukkan bagi masyarakat yang melakukan vaksinasi massal pada Mei 2021.

Diakuinya, jumlah vaksinasi moderna tidak cukup untuk vaksinasi seluruh SDM tenaga kesehatan ( Nakes)  di Ambon, karena data yang tervaksin sebanyak 3 ribuan.

Tetapi persyaratan vaksinasi tahap tiga  sesuai ketentuan yakni kepala fasilitas kesehatan (Faskes)  wajib menandatangani pakta integritas, sehingga akan dilakukan secara bertahap.

“Faskes yang telah menandatangani pakta integritas, akan menjalani vaksinasi tahap tiga mulai pekan ini,” ujar Wendy.

Stok vaksinasi COVID – 19  diperuntukkan bagi masyarakat yang menjalani vaksin tahap pertama dan kedua, anak usia 12-17 tahun, ibu hamil dan vaksin ketiga SDM kesehatan.

Ibu hamil dan menyusui merupakan kelompok yang berisiko terpapar COVID -19 dan bergejala berat, sehingga dianggap harus menerima vaksinasi.

Pemberian vaksinasi COVID -19  bagi ibu hamil merujuk pada surat edaran Kementerian Kesehatan nomor HK.02.01/I/2007/2021.

Ibu hamil akan diberikan suntikan vaksinasi COVID-19 merk Pfizer dan Moderna, serta vaksin platform inactivated Sinovac.

Dosis pertama, akan diberikan pada trisemester kedua kehamilan, dan dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

Share:
Komentar

Berita Terkini