Ambon City of Music Dapat Penghargaan Brand Pariwisata Terbaik 2020

Share:

satumalukuID – Brand Kota Ambon sebagai City of Music, berhasil mendapatkan penghargaan Brand Pariwisata Terbaik 2020, pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API Award) 2020.

Selain Kota Ambon, dua brand pariwisata lainnya yang juga mendapatkan penghargaan yang sama, yaitu The Homeland Of Melayu milik Provinsi Riau dan The Treasure Of Sumatera dari Provinsi Lampung.

Tiga (3) nominasi terbaik yang menjadi juara pada ajang API 2020 kategori Brand Pariwisata ini, diumumkan panitia pada akun Instagram @apiaward, Selasa (9/2/2021) pagi.

“Ini satu lagi prestasi terbaik dari inovasi Ambon City of Music,” ujar Direktur Ambon Music Office Ronny Loppies, menanggapi terpilinya City of Music dari Kota Ambon sebagai salah satu dari tiga juara Brand Pariwisata Terpopuler API 2020.

Baca Juga: Maluku Masuk 3 Besar Juara Promosi Pariwisata Digital 2020

Focal Point of Ambon UNESCO City of Music ini berharap, penghargaan yang didapat, bisa menjadi motivasi bagi Kota Ambon untuk tetap menjaga ekosistem bermusik, serta mempertegas Ambon sebagai UNESCO City of Music.

Menurut Ronny, panitia akan mengundang kehadiran para juara untuk hadir dan menerima penghargaan pada Malam Anugerah Pesona Indonesia 2020 (API 2020) di Labuan Bajo – Nusa Tenggara Timur.

“Hari dan tanggal pelaksanaan Malam API 2020 akan diinformasikan kemudian, melalui Surat Undangan Resmi yang akan disampaikan pada kesempatan pertama setelah seluruh persiapan acara telah siap,” ungkap dia.

Pada ajang yang sama, Provinsi Maluku, Kabupaten Klungkung (Provinsi Bali), dan Kabupaten Pelalawan (Provinsi) Riau, juga ditetapkab sebagai tiga (3) nominasi terbaik yang menjadi juara pada kategori Promosi Pariwisata Digital.

Ketiga akun sosial media yang menjadi wadah promosi tiga daerah tersebut antara lain, FB @PromosiPariwisataKlungkung milik Kabupaten Klungkung,

IG @exoticmalukutourism milik Provinsi Maluku dan situs pariwisatapelalawan.com milik Kabupaten Pelalawan.

Sedangkan pada kategori Wisata Olah raga dan Petualangan, juga ada wakil dari Provinsi Maluku, yakni Tarawesi Motorcross dari Kabupaten Buru. Dua daerah lainnya yang juga menyabet penghargaan kategori ini, antara lain Panjat Tebing Silokek di Kabubapaten Sijunjung (Provinsi Sumatera Barat), dan Skyland Supermoto di Kabupaten Musi Banyuasin (Priovinsi Sumatera Selatan).

Tarawesi Motocross di Namlea Kabupaten Buru, merupakan satu-satunya wisata olahraga dan petualang dari Maluku yang masuk nominasi di ajang bergengsi ini.

Informasi yang dihimpun satumaluku.id menyebutkan, API merupakan rangkaian kegiatan tahunan, yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

Disamping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik Masyarakat, pihak Industri/Swasta maupaun Pemerintahan-pemerintahan Daerah dari Provinsi, Kabupaten, dan Kota, dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing-masing daerah.

Pada penyelenggaraannya, API dimulai dengan mengajak para pejalan serta para wisatawan (domestik dan internasional), dan masyarakat luas di Indonesia untuk memilih destinasi ataupun obyek wisata yang terfavorit ataupun terpopuler menurut pendapat mereka.

Pemilihan dilakukan dengan cara memberikan suara (voting) bagi destinasi atau obyek wisata yang dipilih melalui berbagai media channel Vote API (SMS, Aplikasi Android, Youtube) berdasarkan kategori pariwisata dan nominasi yang telah lolos dalam tahap proses seleksi dan penjurian oleh komite seleksi.

API secara profesional selalu berupaya penuh dalam meningkatkan value (nilai) yang didapat oleh para Destinasi Pariwisata Daerah maupun Pemerintah Daerah dalam mengikuti setiap penyelenggaraan API ini. sehingga hal ini juga telah menjadikan peran baru API yang secara langsung telah memberikan konstribusi nyata terhadap peningkatan perkembangan Dunia Pariwisata dan pertumbuhan Ekonomi Kreatif di daerah-daerah di Indonesia.

Share:
Komentar

Berita Terkini