Pemprov Maluku Gelar Pasar Murah

Share:

satumalukuID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, melalui Dinas Perindustrian Provinsi Maluku menggelar Pasar Murah, agar masyarakat dapat memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau, dan sebagai upaya membantu masyarakat yang akan merayakan Natal 25 Desember 2020 serta Tahun Baru 2021,

“Untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, kami akan menggelar pasar murah selama enam hari kedepan di 47 titik yang tersebar di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengh,” jelas Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Maluku, Elvis Pattiselano, saat pembukaan pasar murah di Kantor Gubernur Maluku, Senin (14/12/2020).

Elvis sampaikan, 47 titik dimaksud yaitu tersebar di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) diantaranya di Negeri Allang, Lilibooi, dan Hatu.

“Kemudian untuk beberapa kelurahan di Kota Ambon, dan untuk Kabupaten Malteng akan diawali dari Negeri Allang dengan target kurang lebih 6.000 paket yang akan dijual kepada masyarakat. Sedangkan untuk pembeli paket dengan harga murah, kami akan menggubakan data Program Keluarga Harapan atau PKH pada Dinas Sosial Maluku, sebagai yang berhak memperoleh pembelian bahan pokok dengan harga terjangkau,” paparnya.

Dia katakan, bahwa pihaknya telah mengantongi data PKH dan telah dikoordinasikan dengan para Kepala Desa maupun Lurah di setiap titik. Dan di setiap titik terdapat kurang lebih 150 hingg 200 paket.

“Nama penerima paket telah terdaftar, mereka hanya menunggu giliran namanya dipanggil untuk membeli paket. Untuk Niki paket kurang lebih seharga Rp.125.000, yang terdiri dari satu rak telur ayam, 2kg gula pasti. 2 liter minyak goreng, dan 2 kg tepung terigu,” papar Elvis.

Sehingga menurut dia, masyarakat membeli hanya dengan Rp.50.000, karena pemerintah Provinsi Maluku telah mensubsidi Rp.75.000. Dia menambahkan, jika rutinitas pasar murah Natal dan Tahun baru akan sama dengan pasar murah pada Idul Fitri lalu, di mana tetap dengan menjalankan protokol Covid-19.

“Tidak ada sistem stay dalam pelaksanaannya, yang bertujuan untuk menghindari kerumunan masyarakat,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris Daerah Provinsi Maluku, Kasrul Selang dalam arahnya menyanpaikan jika pasar murah yang digelar sebagai wujud perhatian pemerintah meringankan masyarakat untuk mencukupi kebutuhan bahan pokok jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

“Setiap tahun, kita berupaya meningkatkan bantuan terutama kepada masyarakat yang masuk dalam PKH. Mereka yang termasuk PKH juga banyak mendapat bantuan dan kemudahan seperti di bidang kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Ini bentuk kok dari Pemda meringankan masyarakat,” terangnya.

Sekda sampaikan, PKH merupakan kelompok sasaran prioritas untuk memperoleh paket bahan pokok dengan harga terjangkau. Dan untuk mewujudkan pelaksanaan yang tepat sasaran, Dinas Sosial Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Lurah, RT, merupakan instansi garda terdepan dalam pelaksanaan pasar murah ini.

“Keterlibatan mereka dalam pasar murah untuk meminimalisir sekecil mungkin kegiatan ini tidak keluar sasaran, dan memastikan jangan sampai masyarkat yang datang berbelanja bukan dari kelompok sasaran,” pungksny

Share:
Komentar

Berita Terkini