Wali Kota Ambon akan Terima Penghargaan dari BNPB pada Puncak Peringatan Bulan PRB

Share:

satumalukuID – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, akan menjadi pembicara dalam diskusi dengan tema, Ketangguhan Daerah Menghadapi Bencana, Senin (12/10/2020).

“Saya menjadi narasumber bersama Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Bangka Belitung, dan Bupati Magelang. Sesuai dengan tema maka materi yang akan disampaikan yakni Ketangguhan Kota Ambon Menghadapi Bencana,” ungkap Richard kepada wartawan, Sabtu, (10/10/2020).

Richard juga mengungkapkan, dirinya bakal menerima penghargaan dari Badan Nasional Penanggulanan Bencan (BNPB) pada puncak peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB), pada Selasa (13/10/2020).

“Diskusi yang dilaksanakan sehari sebelum menerima penghargaan tersebut, merupakan main event pada rangkaian peringatan bulan PRB tahun 2020. Dan tema yang diangkat dalam main event ini lebih pada sharing pengalaman, pembelajaran dan praktek-praktek, baik yang sudah dilakukan terkait dengan upaya pengurangan resiko bencana di daerah,” paparnya.

Dia katakan, Perserikatan bangsa-Bangsa telah menerapkan Hari Internasional untuk Pengurangan Bencana sejak tahun 1989, hal tersebut merupakan salah satu cara untuk mempromosikan budaya global terhadap kesadaran akan resiko dan pengurangan bencana termasuk pencegahan mitigasi dan kesiap siagaan bencana.

“Hari internasional untuk Pengurangan Risiko Bencana (International Day dor Disaster Reduction), yang diadakan setiap tanggal 13 Oktober, merupakan upaya agar masyarakat di seluruh dunia dapat mengurangi keterpaparan masyarakat terhadap bencana,” ucapnya.

Menurut Richard, di Indonesia peringatan bulan PRB Nasional sudah menjadi agenda nasional rutin tahunan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012.

“Pertama kali dilakukan di Yogyakarta bersama dengan penyelenggaraan Asian Ministerial Confrence on Disaster Risk Reductio (AMCDRR). Kemudian berlanjut di Mataram, NTB selanjutnya ke Bengkulu dan pada tahun 2015 berlanjut ke Solo Jawa Tengah. Dan pada tahun 2016 Peringatan bulan PRB dilaksanakan di Manado Sulawesi Utara, kemudian ke Sorong Papua Barat dan berlanjut ke Medan Sumatera Utara dan yang terkahir di Bangka Belitung,” tuturnya.

Richard menambahkan, pada tahun 2020 seharunya Provinsi Maluku yang akn menjadi tuan rumah, namun ditengah Pandemi Covid-29 yang melanda dunia, termasuk Indoneisa maka peringatan bulan PRB akhirnya dilaksanakan oleh BNPB di Kota Jakarta dan sekitarnya.

“Pada peringatan bulan PRB taun 202, yang mengangkat tema Daerah Punya Aksi, akan banyak mengangkat pesan mengenai pentingnya tata kelola resiko bencana yang baik dalam mengelola dan mengurangi tingkat resiko dan menghindari munculnya resiko-resiko bencana baru,” pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini