Dispora Kota Ambon Jaring Atlet Potensial melalui Turnamen E-Sport

Share:

Kadispora Kota Ambon Richard Luhukay.

satumalukuID - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ambon, Maluku menggelar turnamen e-sport pada 25-26 Mei 2023 untuk menjaring atlet potensial di daerah itu.

"Amboina E-Sports Tournament 2023 ini diselenggarakan oleh Dispora kota dan didukung dari teman-teman Inorga khusus Indonesia E-Sport Association (IESPA) Kota Ambon," kata Kepala Dispora Kota Ambon Richard Luhukay di Ambon, Jumat (19/5/2023).

Ia mengatakan turnamen olahraga digital atau elektronik ini juga sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

"Pada pasal 19 ayat 3 dikatakan bahwa pemerintah berkewajiban menggali, mengembangkan, dan memajukan olahraga masyarakat," kata dia.

Selain itu, turnamen juga dijadikan sebagai ajang mengembangkan potensi diri para pemain dan mempererat interaksi sosial yang kondusif dan kokoh khusus di kalangan pemuda.

"Tahun ini akan ada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) di Bandung. 'Event' (ajang) ini juga sebagai ajang uji coba," tuturnya.

Sebanyak dua kategori dilombakan, yakni PUBG Mobile dan Mobile Legend.

Kedua permainan Android tersebut dipilih lantaran tengah digandrungi saat ini oleh kalangan remaja hingga pemuda di Kota Ambon. Pendaftaran lomba akan ditutup pada 22 Mei 2023

Untuk mengikuti lomba tersebut, calon peserta harus berusia 16 tahun ke atas dan hanya perlu memiliki ponsel yang memenuhi standar permainan.

Sistem kualifikasi terdiri atas kualifikasi daring pada 25-26 Mei 2023 dan pertandingan final digelar secara luring pada 27 Mei 2023 di Aula Poltek Ambon.

"Harapan saya melalui kegiatan ini ke depannya kita akan melaksanakan 'event' olahraga lainnya. Sekaligus ruang konsolidasi dan menghimpun potensi olahraga di Kota Ambon," katanya. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini