Pemkot Ambon Raih Penghargaan Maluku Inovasi Kategori Inovasi Daerah

Share:

Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena menerima piala MI Award 2023 sebagai juara pertama kategori Inovasi Daerah, di Ambon, Jumat (14/4/2023).
Photo: HO-Diskominfosandi Kota Ambon/ant

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku, meraih juara pertama kategori inovasi daerah pada penghargaan Maluku Inovation (MI) 2023.

Penghargaan MI ini diserahkan Gubernur Maluku Murad Ismail kepada Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena saat pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan - Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrembang RKPD) Pemerintah Provinsi Maluku Tahun 2024, di Ambon, Jumat (14/4/2023).

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena menyatakan penghargaan yang diraih tersebut adalah bonus dari kerja keras yang dilakukan Pemkot Ambon selama ini.

"Saya tidak pernah menargetkan penghargaan, yang saya ingin seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) di lingkup Pemkot dapat mengembangkan inovasi dalam rangka mempercepat proses pembangunan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik, Itu yang menjadi tugas kita," ujarnya.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Ambon mengirimkan lima inovasi untuk mendapatkan penilaian, tetapi hanya empat yang masuk nominasi, dan satu inovasi yang membawa Pemkot meraih predikat juara pertama.

Ia menyebut beberapa inovasi tersebut di antaranya penurunan Inflasi, Jiku Bata (Sudut Balai Kota), Kalesang Kintal KosongGrab TBC, dan Kurikulum Musik.

Menurut dia, persyaratan dalam penilaian inovasi yang diikutsertakan itu yakni inovasi tersebut telah dilaksanakan dan memberikan dampak bagi masyarakat.

"Jadi kriteria penilaian inovasi tidak hanya dicanangkan, tapi sudah berjalan, dievaluasi, dan dampaknya besar baru bisa juara. Misalnya, untuk Kurikulum Musik kita sudah punya 15 sekolah pilot project," kata Bodewin.

Dia berharap tahun depan akan banyak inovasi yang dilakukan Pemkot Ambon oleh seluruh OPD karena inovasi menjadi salah satu indikator peningkatan kinerja.

Ia mengatakan semua OPD harus mempunyai inovasi untuk meningkatkan kinerja agar inovasi tersebut berdampak pada masyarakat, baik peningkatan pelayanan publik maupun peningkatan ekonomi masyarakat.

Pemenang MI Award 2023 kategori inovasi daerah terbaik tingkat kabupaten/kota di Provinsi Maluku, yakni Juara 1 Kota Ambon, Juara 2 Kabupaten Maluku Tengah, dan Juara 3 Maluku Tenggara. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini