Wali Kota Ternate Komitmen Lestarikan Budaya Festival Ramadhan

Share:

Opening ceremony Festival Ramadhan Ma Parada tahun 2023 berkolaborasi dengan Manajemen Project Literasi Digital Provinsi Maluku Utara untuk mengampanyekan Makin Cakap Digital, Senin (10/4/2023).

satumalukuID - Wali Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) Tauhid Soleman berkomitmen mendukung dan melestarikan budaya festival Ramadhan mulai dari gendang sahur hingga tradisi malam ela-ela sebagai salah satu budaya yang ada di Ternate sejak ratusan tahun silam.

"Sebab, tradisi yang dilestarikan ini merupakan bentuk kearifan lokal tetap dipertahankan, sehingga festival Ramadhan ini tidak hanya di tingkat lokal, tetapi menjadi iven dalam penguatan siar Islam di masa mendatang dan tradisi lokal yang tetap dilestarikan sejak ratusan tahun lalu harus tetap dipertahankan," kata Wali kota Ternate, M Tauhid Soleman di Ternate, Senin (10/4/2023).

Festival Ramadhan merupakan momentum menjadikan Ternate sebagai destinasi wisata religi untuk mengenal Ternate sebagai kota Islamiah dengan jumlah penduduk 95 persen muslim

Wali Kota mencontohkan, Kota Ternate pernah mengikuti event kebudayaan untuk mendapatkan penghargaan di tingkat nasional terkait pengembangan tradisi budaya lokal, di mana ada sembilan daerah dilakukan penilaian dan Kota Ternate terpilih bersama Kabupaten Siak dan Kabupaten Banyuwangi.

Dia menyatakan, ketiga daerah itu memiliki tradisi seperti Kabupaten Siak yang menghidupkan budaya melayu, Bayuwangi kreativitas modern dan Kota Ternate mendapat penghargaan karena memiliki tradisi ela-ela sebagai salah satu tradisi yang tetap dilestarikan sejak dahulu kala.

Oleh karena itu, Pemkot Ternate mendukung gelaran Festival Ramadhan Ma Parada pada momentum Ramadhan tahun ini, LSM Buku Bendera dan Panitia Pelaksana Festival Ramadhan Ma Parada (FRP) akan menyelenggarakan FRP ke-III tahun 2023 yang berkolaborasi (chip in) dengan Manajemen Literasi Digital Malut pada tanggal 9 sampai 14 April 2023 di lapangan Ngaralamo Ternate.

Berbagai program acara akan digelar selama festival berlangsung, yakni Talkshow Makin Cakap Digital, Safari Ramadhan, Khitanan, Khatam Qur’an, Tablig Akbar, serta berbagai jenis lomba, seperti lomba Tilawah, Adzan, Dai Cilik, Hafidz Qur’an, Busana Muslim, Gendang Sahur, dan Kaligrafi dengan sejumlah hadiah yang diperuntukkan bagi para pemenang lomba. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini