PLN Maluku-Maluku Utara Tingkatkan Kualitas Operator Layanan Pengaduan

Share:

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melaksanakan program pelatihan peningkatan kualitas operator sistem penanganan Gangguan dan Keluhan Pelanggan secara terpusat 'Command Center.
Photo: Ho-Humas PLN UIW MMU/ant

satumalukuID - PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melaksanakan pelatihan peningkatan kualitas operator sistem penanganan gangguan dan keluhan pelanggan secara terpusat.

​​​"Pelatihan dilakukan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang andal, terutama dalam hal layanan pengaduan konsumen yang disampaikan melalui PLN Mobile maupun call center 123," kata Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN UIW MMU, Maman Sulaeman di Ambon, Maluku, Rabu (19/4/2023).

"Petugas operator dilatih untuk mendukung layanan di PLN Mobile dan wadah lainnya demi peningkatan kualitas pelayanan yang lebih baik dalam hal peningkatan pelayanan pengaduan dari sisi pelanggan,” katanya.

Ia mengatakan pelatihan ini fokus pada peningkatan kemampuan berkomunikasi para petugas. Operator Command Center sudah sepatutnya memiliki kemampuan komunikasi yang andal. Kerap dihadapkan dengan aduan pelanggan.

"Seorang operator harus mampu memahami dengan menjadi pendengar yang baik, dan mengkomunikasikan tanpa bertele-tele kepada pelanggan," katanya.

Untuk diketahui, PLN Mobile sebagai media yang menghubungkan pelanggan dengan operator Command Center telah memperoleh bintang 4.9 di Play Store. Salah satu indikator perolehan bintang itu adalah layanan pengaduan konsumen yang ditangani secara profesional.

"Harapan kami Citra PLN akan lebih baik kualitas pelayanan juga semakin meningkat dengan adanya bukti dari pelanggan kita yang akan menilai bahwa layanan kita peringkatnya akan lebih baik. Harapannya bisa mencapai bintang," ujarnya.

Pihaknya berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas penanganan pengaduan para operator Command Center sehingga pelanggan pun turut terpuaskan dengan layanan ketika menyampaikan aduan terkait gangguan sistem kelistrikan melalui PLN Mobile.

Dengan adanya peningkatan keahlian para operator di command center, pihaknya bisa membuktikan kualitas pelayanan kepada pelanggan akan jauh lebih baik dari segi komunikasi awal, eksekusi, hingga penyelesaian.

"Apalagi sekarang momen bulan Ramadhan dan sebentar lagi kita akan memasuki Hari Raya Idul Fitri, sehingga kualitas pelayanan harus ditingkatkan agar kepuasan pelanggan juga dapat meningkat," kata Maman. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini