Perayaan Natal FISIP dan FKIP Unpatti Ambon, Natal Bukan Sekedar Tradisi Tapi Proses Iman

Share:

satumalukuID – Dua fakultas di lingkungan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon yakni Fakultas Ilmu Sosial serta Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merayakan Natal Kristus 2021.

Sivitas akademika FISIP merayakannya bertempat di Caffe Wairaha di kawasan Hatiwe Besar, sedangkan FKIP di Gedung Student Centre kampus Poka, Senin (13/12/2021).

Pada refleksi natal di FISIP Unpatti, Pdt Ampi Bersaby STh MTh yang memimpin ibadah pada intinya menjelaskan, Natal bukanlah sekedar sebuah perayaan berulang sebuah tradisi semata, tetapi Natal adalah proses peringatan iman yang membuat setiap orang yang menerimaNya memperoleh sukacita, damai sejahtera dan kebenaran oleh roh kudus hingga keselamatan kekal.

“Sekalipun setiap kita dan orang-orang sekitar kita sedang hidup didalam pergumulan. Namun peringatan iman yang menjamin kita mendapatkan hal terbaik melalui peringatan Iman tersebut,” ungkap Pdt Bersaby.

Turut hadir dalam perayaan dengan tema “Merayakan Natal Dengan Rendah Hati dan Setia (Matius 1:18-25)” itu yakni Dekan FISIP Unpatti Prof Dr Tonny Pariela MA, para ketua jurusan dan program studi, dosen dan pegawai.

Sementara itu, secara terpisah, FKIP Unpatti juga mengadakan perayaan Natal Kristus di Gedung Student Centre dengan segenap sivitas akademika, tenaga kependidikan dan pewakilan mahasiswa dari setiap program studii yang dipimpin oleh Pdt. Daniel Wattimanela S.Si MSi

Ketua Panitia Perayaan Natal, Ghazali Far-Far, S.S, M.Pd mengatakan, perayaan natal tahun ini masih diperhadapkan dengan wabah Covid-19. Sesuai dengan tema natal saat ini dan pertimbangan situasi pandemi, namun tidak membuat semangat kita menurun dalam menyambut kelahiran Yesus Kristus Sang Putera Natal, untuk selalu memberikan terang bagi kehidupan manusia dan selalu memberikan Cinta Kasih antar sesama.

“Saya mengutip dari kitab Yohanes 15:14-15 mengatakan, hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang, dan ayat tersebut memberikan tujuan agar kita selalu memberikan Kasih dan Damai kepada semua orang”, kata Ghazali Far-Far, S.S, M.Pd.

Sementara itu, Dekan FKIP Prof. Dr. Izaak H. Wenno, S.Pd, M.Pd mengatakan, tema natal tahun ini sangat sederhana yaitu Rendah Hati dan Setia. Rendah Hati artinya merayakan natal tanpa memandang orang lain rendah dan tidak boleh menganggap diri lebih walaupun kita sudah menjadi orang yang sukses. Setia artinya kita melakukan segala sesuatu dengan taat.

Acara perayaan natal diselingi dengan ragam acara hiburan baik nyanyian kidung pujian, pemberian bingkisan natal dan beasiswa FKIP Ceria bagi 16 mahasiswa dari masing-masing prodi, pemberian bingkisan natal juga diberikan bagi Satpam dan tenaga Cleaning Service di FKIP. (SM-05)

Share:
Komentar

Berita Terkini