Sekilas Info

Kenang Verawati dan Max Sopacua, Dua Legenda Satu Masa Telah Tiada

REPORTER OLAHRAGA TOP

Sementara itu, sebelumnya pada 17 November 2021. Dunia olahraga dan politik juga kehilangan figur legendaris yaitu reporter olahraga top dan penyiar TVRI yang terkenal di era nya serta salah satu pendiri Partai Demokrat, Max Sopacua. Ia pun meninggal karena sakit paru-paru.

Sosok Max sebagai reporter olahraga dan penyiar berita, punya ciri tersendiri. Terutama suaranya yang khas dan pengetahuan yang luas, serta gaya laporan yang lugas dan mampu temui atlet atau nara sumber yang top, membuat Max dikenal luas dan disenangi pemirsa.

Sesuai data wikipedia.org. Max lahir di Ambon, Maluku pada 2 Maret 1946, ia menyelesaikan sekolah dasar hingga sekolah menengah pertamanya di Pulau Saparua, tepatnya di SR Negeri Saparua tahun 1958 dan di SMP Negeri 2 Saparua sampai 1961. Tiga tahun berselang ia menamatkan pendidikan SMA nya di SMA Negeri 1 Ambon.

Sebelum terjun ke dunia politik, di TVRI Max sudah terkenal pada tahun 1980 an hingga 2000 an Selain sebagai penyiar berita, ia juga produser pada 1985 hingga 2002.

Berbagai program olahraga TVRI pada even olahraga dunia diproduseri Max, antara lain Olimpiade Seoul 1988, Olimpiade Atlanta 1996, Piala Dunia FIFA 1998, SEA Games 1999, hingga Olimpiade Sydney 2000.

Sebagai penyiar berita olahraga membuatnya aktif di organisasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dimana ia menjadi anggotanya pada 1990 hingga 2001, selain itu ia juga merupakan anggota Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU).

Pada tahun 2009, Max mendirikan Sheba FM, sebuah stasiun radio yang berbasis di Bogor bagian barat dan mengudara pada frekuensi 87,8 FM, stasiun radio tersebut kini bernama X Channel.

Kini Verawati Fajrin dan Max Sopacua telah tiada. Dua legenda, satu masa, telah kembali ke sang penciptaNya. Prestasi, dedikasi, reputasi dan kehebatan mereka akan dikenang selalu.

Selamat jalan dua legenda. Tenanglah dalam kedamaian abadi. (novi pinontoan)

Selanjutnya 1 2

Baca Juga

error: Content is protected !!