Sekilas Info

KODAM PATTIMURA

83 Personil Kodam Pattimura Ikut Latma di Amerika Serikat, Yonif Raiders 733 Terbanyak

Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan SE MM., saat meninjau persiapan jelang Latma atau Lightning Forge antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat (US ARMY) di Mako Yonif Raider 733/ Masariku, Jumat (24/09/2021). 

satumalukuID - Sebanyak 83 personil Kodam XVI Pattimura mengikuti latihan bersama (Latma) militer atau Lighting Force antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat (US ARMY) yang dilaksanakan pada 27 September hingga 2 November 2021 mendatang.

Demikian informasi dan data yang diperoleh media ini dari Penerangan Kodam (Pendam) Pattimura, Minggu (27/9/2021).

Dari jumlah tersebut, satuan pemukul Bataliyon Infanteri (Yonif) Raiders 733/Masariku yang terbanyak yakni 67 personilnya terpilih ikut Latma itu.

Jumlah 83 personil dari Kodam Pattimura secara rinci adalah Brigif Nusa Ina 2 orang, Yonif Raiders 733 Masariku 67 orang, Yonif 731 Kabaresi 9 orang, Yonif 732 Banau 4 orang, Yonif 734 sertakan 1 orang, Rindam 1 orang dan Kodam 1 orang.

Lokasi atau tempat Latma yaitu Scoolfield Barrack Hawai, United State of America (USA) dan jadwal persiapannya dimulai sejak 27 September hingga 2 November 2021.

Sesuai agenda pada Minggu 27 September 2021 kemarin, rombongan sudah berangkat ke Marselling Area (MA). Pada 5 Oktober dilakukan laporan kesiapan ke KSAD di Jakarta.

Pada 7 Oktober nanti seluruh pasukan TNI AD berangkat ke Hawaii Amerika Serikat dan tanggal 8 Oktober sampai dengan 1 November latihan bersama di Hawaii.

Baca Juga: 10 Prajurit Yonif 731 Kabaresi Ikut Latihan Bersama TNI AD dan Amerika Serikat

Setelah itu, pada 2 November seluruh personil TNI AD kembali ke Indonesia. Kemudian khususnya personil Kodam Pattimura pada 6 November 2021 kembali ke Ambon, Maluku.

Terkai dengan itu, sebelumnya Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan SE MM., telah meninjau persiapan jelang Latma atau Lightning Forge antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat di Mako Yonif Raider 733/ Masariku, Jumat (24/09/2021).

Ligthning Forge merupakan salah satu kegiatan latihan militer bersama yang bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas antara pasukan AD Amerika dengan TNI AD.

Di Mako Yonif 733/Masariku, Pangdam meninjau pasukan yang dipersiapkan mengikuti Latma sedang melaksanakan latihan tempur dan ketangkasan fisik serta mengecek kesiapan perlengkapan yang akan digunakan pada saat Latma.

Perlengkapan tersebut antara lain meliputi perlengkapan perorangan, obat-obatan dan perlengkapan IPP Set dukungan dari Slatad.

Salam pengarahan, Pangdam menekankan latihan bersama di Hawaii, Amerika Serikat tersebut agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendapatkan pengalaman sebanyak- banyaknya selama latihan dengan tentara negara asing.

"Latihan bersama nanti merupakan suatu kebanggaan karena kalian adalah prajurit pilihan yang mewakili Angkatan Darat. Jaga nama baik TNI, biasakan komunikasi dengan bahasa Inggris agar terjalin hubungan baik dan tetap jaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan" pesan mantan Asintel Kasad tersebut. (SM-05)

Penulis: sm-05
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!