Sekilas Info

KASUS KORUPSI

Tiga Tersangka Kasus Korupsi BBM Dinas LHP Kota Ambon Tinggal Menunggu Proses Sidang

satumalukuID - Tiga tersangka kasus korupsi di Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon yakni Lucia Izak, Mauritz Talabessy dan Ricky M. Syauta tak lama lagi menjalani proses persidangan.

Berkas ketiganya telah dilimpahkan Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) ke Pengadilan Tipikor.

"Selain berkas perkara tiga tersangka, kami juga melimpahkan barang bukti berupa sejumlah dokumen kepada Panitera Pengadilan Tipikor pada kantor Pengadilan Negeri (PN) Ambon," kata JPU Kejari setempat, Ruslan Marasabessy di Ambon, Selasa (21/9/2021).

Lucia Izak diketahui sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas LHP dan Mauritz Tabalessy selaku Kasie Pengangkutan Bidang Kebersihan DLHP yang juga sebagai PPK.

Sedangkan, satu tersangka lainnya atas nama Ricky M. Syauta dari pihak swasta yang pernah menjabat Direktur SPBU di kawasan Belakang Kota Ambon.

Menurut Ruslan, setelah dilakukan penyerahan berkas tersangka dan barang bukti,  maka tinggal menunggu pembentukan Majelis Hakim Tipikor dan penentuan waktu sidangnya.

Sebelumnya Kajari Ambon, Dian Frits Nalle mengatakan, jumlah kerugian keuangan negara atau daerah dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi anggaran BBM  pada DLHP Pemkot Ambon tahun anggaran 2019 mencapai lebih dari Rp3 miliar.

"Kalau total dananya sebesar Rp5,6 miliar tetapi kerugiannya mencapai setengah dari nilai anggarannya," kata Kajari.

Menurut dia, kerugian keuangan negara atau daerah ini diketahui setelah BPKP RI Perwakilan Provinsi Maluku melakukan audit dan hasil auditnya telah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Ambon.

Baca Juga

error: Content is protected !!