Sekilas Info

IAKN AMBON

Pertemuan Ilmiah IAKN Ambon Bahas Agama, Ekologi dan Pendidikan sebagai Ruang Dialog Peradaban

satumalukuID - Pertemuan ilmiah tahunan pertama yang digelar Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon, Selasa (21/9/2021) membahas agama, ekologi dan pendidikan sebagai ruang dialog peradaban.

Digelar secara virtual, kegiatan call for paper yang dijadwalkan berlangsung pada 21-22 September 2021, diikuti 455 peserta dari seluruh Indonesia.

Sejumlah guru besar dan akademisi dihadirkan sebagai nara sumber, yakni Prof Emanuel Gerrit Singgih  (Dosen Universitas Kristen Duta Wacana),  Prof Wening Udasmoro (Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada), Prof Willy Toisuta (mantan rektor Universitas Kristen Satya Wacana), Prof Joas Adiprasetya (Dosen Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Jakarta), dan Agusthina Ch Kakiay (Rektor IAKN Ambon).

Rektor IAKN Ambon Agustina Ch Kakiay mengatakan perjumpaan agama-agama dalam ruang sosial dengan berbagai permasalahannya dan krisis ekologi yang luar biasa berimplikasi bagi kehidupan manusia.

Tuntutan pendidikan di era RI 4.0 dan Society 5.0 ditambah dengan adanya pandemi COVID-19 membuat situasi krisis kemanusiaan dan membutuhkan kajian agama-agama, ekologi dan pendidikan.

Karena itu, diharapkan pertemuan ilmiah yang digelar IAKN Ambon bisa mendorong lebih banyak kajian dan tulisan-tulisan ilmiah terkait tiga isu tersebut.

"Agama, ekologi dan pendidikan, tiga isu ini saling berkaitan dan sangat penting untuk dibicarakan atau didialogkan," kata dia

Ketua panitia pertemuan ilmiah IAKN Ambon, R Jemmy Talakua mengatakan IAKN Ambon melalui Lembaga Penelitian dan Pengabadian Masyarakat (LPPM) menggelar pertemuan tersebut karena jika dielaborasi, agama, ekologi dan pendidikan saling berkaitan dan dapat merubah tatanan hidup, peradaban dan perubahan kebudayaan.

IAKN Ambon sebagai institusi pendidikan berupaya mendiskusikan hal itu untuk menjadi referensi pengembangan penelitian dan kajian-kajian ilmiah, mengembangkan gagasan keilmuan dan penerapan ilmu sebagai pencerahan dalam pengabdian kepada masyarakat.

"The First Annual Conference merupakan salah satu pertemuan ilmiah yang dirancang untuk menunjang terselenggaranya Tridharma Perguruan Tinggi," kata Jimmy Talakua.

Baca Juga

error: Content is protected !!