Sekilas Info

LIGA III ZONA MALUKU

Kompetisi Liga 3 Indonesia Wilayah Maluku Diikuti 10 Klub

satumalukuID -Kompetisi sepakbola profesional Liga 3 Indonesia zona Maluku mulai bergulir pada 18 September 2021 diikuti 10 klub dari kota dan kabupaten di provinsi ini bertempat di Lapangan Yonif Rider 733 Masariku Waiheru Ambon.

Kesepuluh klub yang akan berpartisipasi pada kompetisi era baru yang profesional tersebut yakni Maluku FC, Maluku United, Jong Ambon FC, Siwalima FC, PSHL Hitu Leitimur, Tulehu United, Wainuru FC, Hila Putra FC, Gemba FC, Binatama Bupolo FC, dan Dolorosa FC.

Mereka berasal dari Kota Ambon, Tulehu Maluku Tengah, kabupaten Buru, Saumlaki Kepulauan Tanimbar dan Seram Bagian Barat.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Maluku, Sofyan Lestaluhu kepada pers belum lama ini, membenarkan pihaknya sudah siap menggelar kompetisi Liga 3 zona Maluku yang diikuti 10 klub seluruh provinsi ini.

Lestahulu mengatakan, Asprov PSSI Maluku telah memastikan persiapan matang jelang kick off pada akhir pekan ini. Persiapan dimaksud antara lain penyegaran wasit, pengawas pertandingan maupun perangkat pertandingan lainnya.

“Kita sudah punya tiga wasit nasional yang akan diturunkan pada kompetisi nanti dan sisanya akan dipilih sesuai hasil yang didapat dari penyegaran wasit. Begitu juga untuk pengawas pertandingan,” jelasnya.

Pada kompetisi Liga 3 ini, PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga meniadakan putaran regional. Hal ini berbeda dari musim sebelumnya dengan putaran regional untuk menyaring peserta provinsi ke nasional.

Pasalnya, di musim ini perwakilan provinsi akan langsung masuk ke babak putaran nasional yang diikuti 64 klub. Selanjutnya, 64 klub bersaing perebutkan 8 tiket promosi ke Liga 2 musim berikutnya. Sehingga jatah promosi itu lebih banyak dari sebelumnya yang berjumlah 6 klub.

Sementara itu, sebelumnya secara terpisah salah satu anggota Executive Comitte (Exco) PSSI Pusat, Dicky Soplanit membenarkan untuk Liga 3 wilayah Maluku akan segera bergulir.

"Iya sesuai jadwal Liga 3 Maluku diputar bulan Oktober," ujar Soplanit yang juga mantan Ketua Harian PSA Ambon dan Ketua Asprov PSSI Maluku. (SM-05)

Penulis: sm-05
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!