Sekilas Info

ATLIT MALUKU

Valencia Nio; 5 Kali Jadi Tim PON Maluku, Melatih di DKI, Anaknya Dikontrak Tim PON Papua

Valencia Nio Kiriweno dan anaknya Voryn Kiriweno. (Foto: Dok)

satumalukuID - Pada era 1990 an hingga 2008, nama Valencia Nio dikenal sebagai salah satu atlet anggar putri Maluku andalan di even nasional dan PON, yang kemudian mewakili tim Indonesia pada beberapa kejuaraan internasional.

Valencia punya spesialisasi di nomor degen. Sejak masih remaja, ia sudah mewakili kontingen Maluku di PON sebanyak lima kali dari PON XVIII 1993 Jakarta hingga PON XVIII 2008 Kalimantan Timur.

Dimanakah kini Valencia Nio? Mantan atlet anggar nasional kelahiran Ambon 1 Juni 1973 ini, sekarang menetap di Jakarta. Ia kini lebih dikenal dengan nama Valencia Kiriweno, mengikuti fam suaminya Novy Kiriweno.

"Beta pindah ke Jakarta tahun 2008. Ikut suami yang bekerja di sana. Makanya sekarang beta pakai fam Kiriweno. Tapi beta selama lima kali ikut PON atau wakili Indonesia tetap berstatus atlet Maluku," ungkap Valencia kepada suaramaluku.com dan satumaluku.id melalui telepon dan whatsapp, Kamis (16/9/2021).

Setelah undur diri sebagai atlet Maluku usai PON 2008, Valencia memulai kehidupan baru berkeluarga di Jakarta. Namun jiwa atletnya tetap tak bisa dilepas begitu saja. Ia lantas beralih profesi menjadi pelatih anggar. Usahanya tak sia-sia.

Baca Juga: Raja Kelas Layang Asal Maluku Herry Maitimu Jadi Pelatih Tim Tinju Jambi di PON Papua

Pasalnya, Pengprov IKASI DKI Jaya merekrutnya menjadi pelatih mulai tahun 2012 hingga 2020 untuk tangani para atlet anggar ibukota negara tersebut. Ia melatih di jenis senjata degen.

Prestasi atlet hasil binaannya banyak di even nasional. Namun yang masih diingatnya yakni anak asuhannya meraih medali emas POPNAS di Surabaya dan medali perak PON Bandung.

Sejak tahun lalu, Valencia tidak tangani atlet-atlet anggar jenis degen DKI lagi yang akan ikut PON di Papua. "Beta sekarang melatih anggar di perusahaan olahraga asal Korea," ungkapnya.

Tetapi ada hal yang menarik. Bila Valencia sebagai pelatih tidak ikut PON 2021 di Papua bulan Oktober ini, tapi anak perempuannya Voryn Kiriweno yang juga atlet anggar akan bertanding di nomor senjata floret pada arena PON. Anaknya membela tim anggar Papua.

"Beta anak masuk tim anggar kontingen Papua di PON 2021 nanti. Dia dikontrak disana. Voryn spesialis di nomor senjata floret. Beda dengan beta dulu masih atlet main nya di jenis degen," tutur Valencia.

Ia mengatakan, anaknya juga berprestasi ikut jejak dirinya. "Prestasi Voryn tak mau kalah dengan mamanya. Dia sudah ikut Kejurnas, juga PON 2012 Riau. Juga untuk level internasional seperti Kejuaraan Asia dan SEA Games dan lainnya pernah dia ikut bela Indonesia".

Selanjutnya 1 2

Baca Juga

error: Content is protected !!