Sekilas Info

Pemerintah Kota Akan Benahi Sistem Drainase di Ternate

Photo: Abdul Fatah/ant Sistem drainase yang rusak mengakibatkan terjadi genangan air di kawasan pertokoan Kota Ternate.

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan membenahi sistem drainase di daerah itu guna mengantisipasi terjadinya banjir menyusul curah hujan yang dengan intensitas lebat dalam sepekan terakhir.

"Kami akan berkoordinasi dengan PUPR agar bisa membenahi saluran drainase yang saat ini telah rusak sehingga bila hujan berpotensi terjadinya luapan air ," kata Kepala Badan Penanganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, M Arif Gani di Ternate, Rabu.

Sistem drainase yang rusak dan belum diperbaiki mengakibatkan terjadinya luapan air saat hujan deras melanda Kota Ternate pada Selasa (14/9/2021) sore,  mengakibatkan rumah warga di dataran rendah dan pusat pertokoan digenangi air hujan.

Arif juga mengakui, selain rusaknya saluran drainase juga dipicu oleh kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya.

Sebab, ditemukan pula ada masyarakat yang membuang sampah di saluran drainase dan kali mati tersumbat. Hal ini mengakibatkan terjadinya luapan air saat hujan deras.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat Kota Ternate agar tetap waspada dan selalu mengikuti perkembangan cuaca yang dikeluarkan secara resmi dari BMKG setempat.

Sedangkan, Prakirawan Cuaca, BMKG Kelas I Sultan Baabullah Ternate, Dewi Makhrantika Madiong menyatakan, pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini agar mewaspadai potensi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Bacan, Gane, Weda, Kayoa, Oba, Makian, Moti, Sofifi, Tidore dan sekitarnya pada malam hari.

Menurut dia, masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pukul 19.00 WIT di wilayah Waijoi, Sidangoli, Kao, Sofifi, Kayoa, Makian, Moti, Oba, Gane, Susupu, Bacan, serta dapat meluas ke wilayah Malifut, Tobelo, Jailolo, Obi, Tidore, Maba, Weda, Buli, Wasile, Ibu, Kedi, Morotai, Batang dua, Malifut dan sekitarnya.

Sedangkan, pada malam hari  umumnya berawan dengan potensi hujan ringan – lebat di wilayah Kayoa, Oba, Makian, Moti, Sulabesi, Gane, Weda, Ternate, Jailolo, Tidore, Sofifi, Widi, Bacan dan sekitarnya

Sedangkan, umumnya cerah berawan - berawan dengan potensi hujan ringan di wilayah Sanana, Gane, Ternate, Jailolo, Widi dan sekitarnya dengan suhu udara : 22 °C - 27 °C, kelembaban udara : 85 – 100 %, angin Utara – Terangga dengan kecepatan 05 - 30 km/jam.

Penulis: Abdul Fatah/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!