Sekilas Info

PEMPROV MALUKU

Dinas PUPR Provinsi Maluku Gelar Rapat Kerja Komisi Irigasi Maluku 2021

satumalukuID - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku menggelar Rapat Kerja (Raker) Komisi Irigasi Maluku tahun 2021 bertempat di Hotel Marina Ambon, Selasa (14/9/2021).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Maluku, Dr Anton A. Lailosa ST MSi selaku Ketua Komisi Irigasi yang diwakili Siti Laitupa saat pembukaan mengatakan, Komisi Irigasi Maluku dibentuk 11 Agustus 2011. Berarti sudah 10 tahun turut membantu gubernur sesuai peraturan Menteri PUPR.

Karenanya, sebagai anggota Komisi Irigasi Maluku yang sudah berjalan 10 tahun ini, kita harus evaluasi program-program kerja apa saja yang telah dirumuskan dan produk atau keputusan apa yang sudah dikeluarkan oleh komisi.

"Diharapkan penyusunan program dalam raker ini, harus lebih utamakan aspek inovatif, profesionalisme dan kultur petani setempat serta juga dapat menjawab setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat petani," jelas Lailosa.

Ia menegaskan, dalam raker kali ini, ada tiga agenda utama yang dibahas. Yaitu membahas permasalahan yang dihadapi masyarakat petani, menyusun program/kegiatan komisi irigasi tahun 2021-2022, serta pembahasan perumusan pola tanam dan rencana tata tanam, dengan mempertimbangkan data debit air yang tersedia pada daerah irigasi, pemberian air serentak atau golongan, sesuai jenis tanaman, rencana pembagian air bagi Kabupaten Buru, Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur.

"Diharapkan dapat mengkaji dan membahas persoalan ini secara baik dan komprehensif atau menyeluruh, sehingga dapat menghasilkan suatu produk keputusan yang baik, tepat sasaran dan berdaya guna untuk kepentingan masyarakat petani dan Maluku umumnya," ungkapnya.

Lailosa menambahkan, semua anggota Komisi Irigasi Maluku dapat bekerja dengan baik sehingga memberikan kontribusi bagi pembangunan irigasi di daerah ini serta solusi untuk daerah irigasi.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Sekretariat Komisi Irigasi yang telah bekerja penuh loyalitas dan bertanggungjawab serta juga untuk panitia raker ini," ujarnya.

Selain peserta, hadir mewakili Kadis PUPR Maluku Dr Muhammat Marasabessy SP MSi adalah Rian Junnoth. ST MPSDA. (romer tahapary/NP)

Baca Juga

error: Content is protected !!