Sekilas Info

PON PAPUA

Kali Ini Giliran Ikatan Keluarga Maluku di Merauke Antusias Sambut Kontingen PON Provinsi Maluku

Tangkapan layar penyambutan Kontingen PON Provinsi Maluku yang tiba di Merauke Papua, Senin (13/9/2021).

satumalukuID – Luar biasa. Ajaran datuk-datuk Maluku agar anak cucu hidup sebagai orang basudara  kembali ditunjukkan Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) di Merauke, Papua.

Senin (13/9/2021), warga Perantauan Maluku di Merauke antusias menyambut kelompok terbang (kloter)  kedua Kontingen PON Maluku yang tiba di Bandar Udara Mopah Merauke. Mereka  disambut tarian perang adat Kei.

“Kami berasal dari Maluku. Maka kita punya basudara yang datang, wajib menjemput mereka,” kata Wakil Ketua I Ikemal Kabupaten Merauke, Efraim Fangohoy  kepada wartawan sebagaimana diberitakan Teraspapua.com.

Efraim Fangohoy mengatakan, Ikemal yang terdiri dari enam suku besar (Kei, Aru, Tanimbar, Ambon, Dobo, dan Maluku Utara) antusias menjemput basudara kontingen PON XX Maluku.

Menurut Efrem, kedatangan kloter kedua kontingen PON Maluku ini belum masuk jadwal laga PON XX. Karena itu, untuk sementara ini akan diinapkan di rumah pribadi Ketua Ikemal Merauke, Benjamin I.R. Latumahina di Jalan Noari.

Baca Juga: Ikatan Keluarga Maluku di Papua Sambut Kloter Pertama Kontingen Maluku untuk PON 2021

Setelah nantinya kontingen PON XX Maluku tiba di Merauke secara keseluruhan, baru akan diinapkan di hotel.

“Kita berharap, atlit Maluku bertanding dengan menjaga sportivitas tinggi. Memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Para atlit yang tiba di Merauke, pada Senin, diantaranya atlet cabang olahraga (cabor) wushu, Yeny Mailopu, pelatih, Melerand ever Latuheru. Tenaga kesehatan, Tuty Tamaela dan keamanan (Brimob), Ipda Arthur Hurulean serta Koordinator, Idris M. Latar.

Berangkat dari Ambon menggunakan pesawat garuda Minggu (12/9), transit di Makassar dan tiba di Merauke Senin siang. Kedepan masih ada kontingen PON XX Maluku yang akan bertandang di Merauke.

“Ada empat cabor di Merauke yang diikuti kontingen PON XX Maluku. Kontingen cabor wushu pertama datang hari ini, nanti kloter kedua tanggal 19 september, berikutnya 29 september dan 3 oktober. Ada kontingen anggar, catur, dan balap motor,” tutur Koordinator Kontingen PON XX Maluku, Idris M. Latar.

Penulis: m-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!