Sekilas Info

UNIVERSITAS PATTIMURA

Dies Natalis 60 Tahun,  FKIP Unpatti Saat Ini Miliki 16 Guru Besar, 97 Doktor, 120 Magister

satumalukuID - Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pattimura Ambon Profesor Dr.  IH Wenno, S.Pd, M.Pd mengatakan saat ini FKIP memiliki 16 Guru Besar, 97 Doktor, 120 Magister.

Sejak tahun 2017 sampai 2020, FKIP Unpatti juga telah menghasilkan 498 hasil penelitian dan karya ilmiah baik dari jurnal nasional berakreditasi maupun jurnal internasional.

“Pada tahun 2021, terdapat 72 proposal penelitian dan 71 proposal pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Prof  Wenno saat memberikan sambutan pada Dies Natalis ke-60 FKIP Unpatti, Jumat (10/9/2021).

Pada tahun 2021, terdapat 72 proposal penelitian dan 71 proposal pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu 16 Program Studi FKIP Unpatti berstatus akreditasi B. Ditahun 2021 ada 8 Program Studi sementara dipersiapkan untuk mendapatkan akreditas unggul

Prof Wenno mengakui, di usia 60 tahun berkarya, FKIP  masih banyak kekurangan, kendala dan tantangan yang dihadapi.

Meningkatnya daya saing dan kebutuhan tenaga pendidik berkualitas untuk mengatasi kesenjangan kualitas tenaga pendidik di Maluku yang merupakan tantangan tersendiri sampai saat ini belum terlaksana dengan maksimal.

Baca Juga: Dies Natalis 60 Tahun FKIP Unpatti Ambon, Rektor Berharap Ada Evaluasi Semua Proses Pendidikan

Sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) terbesar di Provinsi Maluku, kata dia,  FKIP berkomitmen untuk menjawab tantangan tersebut.

Perkembangan FKIP sejauh ini sampai menginjak usia 60 tahun sangat signifikan.

Saat ini ada 16 Program Studi yang tergabung dalam 4 Jurusan, FKIP telah menyelenggarakan Program Pascasarjana S2 Manajemen Pendidikan, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Jerman.

Ditahun 2021 ini juga telah di buka Program Doktor Pendidikan Biologi dan akan diikuti oleh Program Doktor Administrasi Pendidikan.

Sejak tahun 2017, FKIP telah menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan mahasiswa yang berasal dari Provinsi Maluku dan Maluku Utara, Provinsi Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Selain itu juga dari Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua dan Papua Barat dengan lulusan sampai tahun 2021 berjumlah 623 orang.

Prof Wenno berharap di usia ke-60 tahun ini FKIP bertransformasi menjadi lembaga penghasil tenaga kependidikan yang unggul dan bermartabat, mampu menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuannya demi melayani masyarakat dan mendidik anak bangsa dalam wadah FKIP.

Penulis: Aldi Josua
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!