Sekilas Info

Polda Malut Bantu UMKM dan Suku Pedalaman di Halmahera Timur

Photo: Abdul Fatah/ant Kapolda Irjen Pol Risyapudin Nursin bersama Tim Bhayangkari Daerah Maluku Utara dan sejumlah Pejabat Utama berkunjung ke Kabupaten Halmahera Timur sekaligus menyalurkan bantuan untuk UMKM dan suku pedalaman.

satumalukuID - Kapolda Maluku Utara (Malut) Irjen Pol Risyapudin Nursin bersama Tim Bhayangkari Malut dan sejumlah pejabat utama berkunjung ke Kabupaten Halmahera Timur sekaligus menyalurkan bantuan untuk UMKM dan suku pedalaman di daerah itu.

"Dalam kunjungan itu, Kapolda bersama rombongan menyerahkan bantuan sembako serta tali asih kepada pelaku UMKM, petani hingga warga suku pedalaman hutan Halmahera yang biasa disebut Suku Togutil yang berada di kawasan Wasile," kata Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan, S.Ik, MH dihubungi dari Ternate, Kamis.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka kunjungan kerja di Polres Halmahera Timur guna melihat langsung situasi kamtibmas serta upaya dalam pencegahan dan penanganan COVID-19 di Halmahera Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda juga mengimbau warga untuk mematuhi protokol kesehatan serta melaksanakan vaksinasi guna mewujudkan "herd immunity" di masa pandemi COVID-19.

"Mari kita sama-sama jaga diri dan keluarga dengan melaksanakan vaksinasi dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada dan baksos yang disalurkan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat terkhusus di masa pandemi COVID-19 sehingga dapat meringankan sedikit beban masyarakat," ujarnya.

Selain memberikan bantuan, Kapolda beserta rombongan juga memberikan tali asih sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama terutama UMKM Bhayangkari, petani dan orang suku pedalaman yang menghuni belantara hutan Halmahera.

Sebelumnya, Kapolres Haltim bersama personelnya mengunjungi pemukiman untuk menyalurkan bantuan bagi warga Suku Tougutil yang berada di Desa Dodaga Pulau Halmahera.

Penyaluran bantuan ke warga suku terasing ini melalui program Pengenalan Dunia Luar (Pedal) dan Peduli Pendidikan (Pekan) dan Pembagian Berkat (Pekat).

Selain itu, Personel Polres memberikan pemahaman terhadap warga suku Tougutil tentang permasalahan yang terjadi di wilayah Halmahera Timur dan dilanjutkan dengan penerangan peran Kesehatan oleh tim Kesehatan Polres Haltim Kepada Suku Tougutil.

Juga memberikan pengajaran akan pentingnya pendidikan terhadap anak-anak Suku Tugutil dan dalam kunjungan ini kapolres memberikan seragam sekolah dasar, tas dan perlengkapan belajar agar digunakan untuk belajar anak-anak Suku Tougutil.

Penulis: Abdul Fatah/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!