Sekilas Info

Lantamal Ambon Gelar Baksos dan Ziarah Jelang HUT ke-76 TNI AL

Photo: HO/Dispen Lantamal IX Ambon/ant

satumalukuID - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon memeriahkan peringatan HUT ke-76 TNI Angkatan Laut yang jatuh pada 10 September 2021, dengan menggelar bhakti sosial dan ziarah ke taman makam pahlawan (TMP) Kapaha, Kota Ambon, Kamis.

Ziarah ke TMP Kapaha dipimpin Komandan Satrol Lantamal IX Kolonel Laut (P) Dwi Atmojo, dan dirangkai dengan bhakti sosial berupa pemberian bingkisan kepada warakawuri, yatim piatu dan petugas kebersihan di ibu kota provinsi Maluku itu.

Menurut Dwi Atmojo, ziarah ke TMP sebagai bentuk perhormatan dan penghargaan generasi penerus bangsa kepada para pahlawan yang gugur dalam memerdekakan bangsa dan negara.

"Ziarah yang dilakukan untuk mengingatkan generasi muda khususnya prajurit TNI-AL untuk tidak melupakan perjuangan dan jasa para pejuang merebut kemerdekaan," ujarnya.

Para prajurit TNI-AL diingatkan untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif demi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, serta menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme sejak dini agar tercipta generasi penerus yang handal dan berjiwa nasionalis.

Sedangkan bantuan yang diberikan diharapkan dapat membantu meringankan beban para  warakawuri, anak yatim piatu dan petugas kebersihan di Kota Ambon dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang belum berakhir.
Vaksinasi maritim

Lantamal IX Ambon pada Kamis juga masih melanjutkan program serbuan vaksinasi maritim khususnya kepada warga di kecamatan Baguala Kota Ambon yang dipusatkan di lapangan Rumkital dr. FX. Suhardjo Halong, Kota Ambon.

Kadiskes Lantamal IX Letkol Laut (K) Lukito Wardani menegaskan, pihaknya menerjunkan 10 vaksinator untuk melayani warga yang datang untuk divaksin. Ditargetkan 100 orang warga dapat setiap harinya.

Sehari sebelumnya, yakni Rabu (8/9) Lantamal Ambon juga menggelar bhakti kesehatan dan serbuan vaksinasi maritim kepada warga Negeri Tial, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, dipimpin Asops Lantamal IX Ambon Kolonel Laut (P) Yudi Priyatno.

Sebanyak masing-masing 100 warga Tial dilayani vaksinasi serta mendapatkan pengobatan gratis dalam kegiatan menyongsong HUT ke-76 TNI-AL itu.

Penulis: Jimmy Ayal/ant
Editor: Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!