Sekilas Info

Ikatan Keluarga Maluku di Papua Sambut Kloter Pertama Kontingen Maluku untuk PON 2021

Kloter Pertama Kontingen PON Maluku dijamu Ikatan Keluarga Maluku Papua di Jayapura, Selasa (7/9/2021).

satumalukuID – Hidup orang basudara, laeng lia laeng ditunjukkan Warga Maluku di Papua yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal).

Pada Selasa (7/9/2021), warga Ikemal di Jayapura, menyambut hangat kloter (kelompok terbang) pertama Kontingen Maluku yang akan bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021.

Kloter pertama tersebut, terdiri dari para atlet dan pelatih cabor olahraga (cabor) layar dan selam serta sejumlah official. Mereka berangkat dari Ambon Senin (6/9/2021) dan tiba di Jayapura, Selasa (7/6/2021) setelah transit semalam di Makassar dan Timika.

Ketua Ikemal Papua Christian Sohilait didampingi Panitia Ikemal Suport Tim (IST) dan rekan-rekannya langsung menjemput Kontingen Maluku di Bandara Sentani, Jayapura. .

“Hari ini kedatangan Kloter Pertama Tim Official dan Atlit PON XX asal Maluku. Selamat datang basudara duta terbaik Mluku di Tanah Papua.  Lawamena Haulala dan tetap junjung sportifitas dalam bertanding,” tulis sejumlah warga Ikemal di akun facebook  Christian Sohilait.

Mereka juga menegaskan, “Ikatan Keluarga Maluku dI Tanah Papua akan bersama atlit-atlit Maluku mulai hari ini sampai berakhir perhelatan PON XX Papua.”

Untuk diketahui, para atlet, pelatih maupun teknisi cabang olahraga layar tiba lebih dulu ke Jayapura, guna menyesuaikan dengan peralatan perahu layar.

Begitu juga atlet maupun pelatih selam, tiba bersamaan guna menyesuaikan dengan kondisi perairan Teluk Yos Sudarso Jayapura yang akan menjadi lokasi perlombaan.

Kontingen Maluku ikut 14 cabang olahraga di PON XX Papua yakni Anggar, Atletik, Balap Motor, Catur, Dayung, Layar, Karate, Kempo, Muaythai, Panjat Tebing, Selam, Tinju, Taekwondo dan Wushu. Terdiri dari 42 atlet, 20 pelatih dan 6 teknisi.

Target utama kontingen Maluku untuk meraih medali adalah pada cabor atletik, dayung, tinju dan muaythai. Pasalnya, pada cabor tersebut atlet-atlet Maluku miliki atlet berprestasi nasional dan internasional.

Diantaranya Alvin Tehupeiory di cabor atletik, yang baru saja mengikuti Olimpiade Tokyo 2020. Kemudian di cabor dayung terdapat La Memo yang merupakan mantan atlet Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 serta pedayung putri Chelsea Corputty yang pernah meraih medali di SEA Games.

Begitu juga di cabor tinju. Maluku diperkuat 4 petinju berpengalaman nasional dan internasional, dua diantaranya petinju putri Welmy Pariama dan Julius Lumoly.

Saat penyambutan Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) Papua di Bandara Sentani Jayapura, Selasa (7/9/2021)

Baca Juga

error: Content is protected !!