Sekilas Info

BPJamsostek Kunjungi Pekerja Dinas LH dan Persampahan Kota Ambon yang Kecelakaan saat Bekerja

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Maluku mengunjungi peserta yang mengalami kecelakaan saat bekerja, bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional tahun 2021.

satumalukuID - Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional tahun 2021 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Maluku mengunjungi peserta yang mengalami kecelakaan saat bekerja.

"Kami melakukan kunjungan bagi satu korban kecelakaan saat bekerja yang merupakan peserta BPJamsostek dari Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan kota Ambon," kata Kepala BPJamsostek Cabang Maluku, Mangasa Laorensius Oloan, Rabu (8/9/2021).

Hal ini katanya, merupakan bagian dari upaya BPJamsostek memberikan pelayanan kepada peserta.

"Kunjungan tersebut merupakan bentuk kepedulian sekaligus penghargaan yang diberikan oleh BPJamsostek," katanya.

Pihaknya kata Mangasa, menjamin penuh biaya pengobatan kecelakaan kerja sampai pekerja sembuh dan akan lebih mudah jika pengobatan dilakukan di Rumah Sakit yang bekerja sama dengan BPJamsostek.

"Tidak ada batasan biayanya jika terjadi kecelakaan kerja, Semua fasilitasi ditanggung sampai pekerja sembuh tanpa mengeluarkan biaya," katanya.

Selain mengunjungi peserta, pihaknya juga melakukan evaluasi dengan pusat layanan kecelakaan kerja (PLKK) yang merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang bekerja sama dengan BPJamsostek.

Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan karena pihaknya ingin mengetahui masukan atau kendala yang dihadapi peserta saat dilayani di PLKK.

"Pasti ada plus dan minus pelayanan sehingga kita melalukan monitoring dan evaluasi kelemahan maupun kekurangannya di mana," katanya.

Keberadaan PLKK secara administrasi, sangat memudahkan peserta. Mereka yang mengalami kecelakaan kerja tidak perlu menunda untuk mendapatkan pengobatan.

Akses PLKK merupakan manfaat jaminan kecelakaan kerja, dalam bentuk pelayanan kesehatan yang diberikan ketika pekerja mengalami kecelakaan kerja atau sakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Baca Juga

error: Content is protected !!