Sekilas Info

Wali Kota Bogor Bima Arya Terpukau Tiga Hal Tentang Kota Ambon yang Memesona dan Menginspirasi

Photo: Penina Mayaut/ant Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Bima Arya Sugiarto bersama Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di peringatan HUT ke 446 kota Ambon, Selasa (7/9/2021).

satumalukuID - Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Bima Arya Sugiarto, menyatakan, ada tiga tentang Kota Ambon yang memesona dan menjadi inspirasi bagi Indonesia.

"Saya melihat inilah yang luar biasa dari Kota Ambon, keberhasilan untuk membangun harmoni antara alam dan budaya, antara kultur dan manusia. Jadi Ambon adalah contoh yang mempesona, Ambon adalah inspirasi bagi Indonesia," kata Bima Arya, yang juga Wali Kota  Bogor, saat menghadiri peringatan HUT ke-446 Kota Ambon, Maluku, Selasa.

Ada tiga hal yang sangat dikagumi Bima Arya dari Ambon, dan hal tersebut dinilainya tidak banyak dimiliki oleh banyak kota di Indonesia. Ada yang punya hanya satu, ada yang punya hanya dua tetapi sedikit yang punya tiga-tiganya.

Yang pertama, kebersamaan dan persaudaraan yang luar biasa, kedua, keindahan alam yang mempesona dan ketiga, kekayaan alam yang terus dijaga bersama.

"Ambon punya tiga-tiganya. Di kota lain barangkali cuma satu, dikota lain ada dua, tetapi Di Ambon ada tiga-tiganya," katanya.

Diakuinya, Ibu Kota Provinsi Maluku ini pernah mengalami masa-masa yang berat, pada tahun 1999 diuji oleh situasi yang tidak dihadapi oleh banyak kota lainnya, yakni perang saudara.

Tetapi hari ini, ia menilai Kota Ambon sudah maju, sejuk, dan menjadi kota yang banyak prestasinya itu karena kebersamaan dan persaudaraan yang terus dijaga.

Umat beragama suku bangsa yang berbeda bersama-sama memajukan kota. "Kota-kota lainnya di Indonesia harus belajar dari Kota Ambon," katanya.

Selain itu, kekayaan alam sumber dari pendapatan Maluku dan Ambon yang luar biasa, lumbung dari ikan nasional wisata yang ratusan tujuannya luar biasa.

Semua ini, lanjutnya, dimulai dengan sangat baik, sehingga hari ini semua melihat kemajuan Ambon yang luar biasa. Kebudayaan dan alat yang harmoni dan bersinergi disini yang layak menjadi inspirasi.

"Saya melihat inilah yang luar biasa dari Ambon dan umumnya di Provinsi Maluku keberhasilan untuk membangun harmoni antara alam dan budaya antara kultur dan manusia," ujarnya.

Ditambahkannya, Kota Ambon juga mampu mengendalikan COVID-19, yang secara umum lebih baik dan pasti ada keberhasilan kerjasama kolaborasi dan sinergi dari pemerintah provinsi dan juga Pemerintah Kota Ambon.

"Izinkan saya mengucapkan selamat atas keberhasilannya memajukan Ambon dan juga mengatasi COVID-19 di Kota Ambon, salut dan semoga terus semakin lebih baik," demikian Bima Arya.

Baca Juga

error: Content is protected !!