Sekilas Info

ANAK MALUKU DI TNI AU (4)

Ada Tiga Jenderal Satu Marga dan Penerbang Turunan Tionghoa Pertama di Indonesia

sambungan dari tulisan ketiga...

Jabatan-jabatan yang pernah dijabat Leo Wattimena adalah Pimpinan Armada Vampire Skadron Udara 11 Lanud Kemayoran (1957-1961), Instruktur Sekolah Penerbang Lanjutan (SPL) Kalijati (1958), Wakil II Panglima Komando Mandala/Panglima AU Mandala (1958).

Kemudian juga Panglima Komando Operasi AURI (1963), Panglima Komando Pertahanan Udara (1966), Anggota MPRS (1966), Deputi Operasi Menteri/Panglima AU, Duta besar RI di Italia (1969) dan Staf Ahli KSAU.

Kebanyakan rekan-rekan Leo saat sekolah penerbang di Amerika dan Inggris, kemudian menjadi menteri dan jenderal penuh di jaman orde baru dengan menjabat Kepala Staf TNI AU (Kasau).

Leo Wattimena berpangkat dua bintang atau Marsda, justru ketika ia meninggal dunia tahun 1976 di usianya baru 48 tahun. Untuk mengenang penerbang legendaris itu, nama Leo Wattimena diabadikan sebagai nama Pangkalan Udara di Pulau Morotai, Maluku Utara dan juga nama jalan di kawasan Passo Ambon.

PILOT JET TEMPUR PERTAMA KETURUNAN TIONGHOA

Selain Leo Wattimena, salah satu penerbang jet tempur legendaris TNI AU adalah Marsma TNI Pur Rudi Taran. Ia lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1963 yang tercatat sebagai pilot jet tempur keturunan Tionghoa pertama di Indonesia.

Figurnya dikenang di TNI AU lantaran merupakan salah satu penerbang jet tempur MIG-21, saat awal pesawat canggih di era itu dimiliki Indonesia. Untuk itu, ia ikuti pendidikan penerbang di Cekoslowakia. Rudi Taran pun tercatat sebagai penerbang tertua ketika berlatih membawa jet tempur F-5 Tiger. Waktu itu dia sudah berpangkat Kolonel.

Siapa Rudi Taran? Apa hubungannya dengan Maluku?

Rudi Taran memiliki hubungan emosional dan sejarah dengan Maluku. Lantaran ia lahir di Piru, Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku pada 6 Juni 1937 dan kini umur 84 tahun. Ia juga menyelesaikan pendidikan SMA nya di Ambon tahun 1959, barulah kemudian merantau ke Jakarta untuk capai niatnya menjadi penerbang AURI.

Bersambung ke halaman 5 ....

Penulis: NOVI PINONTOAN
Editor: NOVI PINONTOAN

Baca Juga

error: Content is protected !!