Sekilas Info

Atlit Berdarah Ambon David Jacobs Melaju ke Babak Semifinal Cabang Tenis Meja Paralimpiade Tokyo

David Jacobs saat melawan petenis meja China di babak perempatfinal Paralimpiade Tokyo, Sabtu (28/8/2021). (Foto Antara)

satumalukuID - Atlit Indonesia berdarah Ambon, David Jacobs akhirnya berhasil lolos ke babak semifinal para tenis meja di Paralimpiade Tokyo 2020 setelah bertarung ketat dan dramatis mengalahkan wakil China, Lian Hao di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Sabtu (28/8).

David Jacobs yang bertanding di nomor tunggal putra klasifikasi 10, menang dengan skor tiipis 3-2 atas Lian Hao dengan skor 11-6, 12-10, 6-11, 10-12, dan 17-15.

Atlet keturunan Ambon kelahiran Makassar itu, unggul 2-0 pada dua gim awal. Namun lawannya mampu membalik keadaan sehingga samakan skor 2-2.

Pada gim kelima penentuan siapa yang menang. Terjadi kejar-mengejar angka sehingga terjadi deuce beberapa kali.

Seperti yang dirilis CNNIndonesia, Di gim kelima atau gim penentuan, Lian Hao tampil semakin percaya diri. Lian Hao terus unggul dalam perolehan poin tetapi David Jacobs tidak menyerah begitu saja.

Perolehan poin Lian Hao mampu dikejar David untuk memaksakan deuce 10-10. Setelah itu, David sempat unggul 13-12, dan 14-13 tetapi bisa disamakan oleh Lian Hao.

Skor imbang berlanjut ke angka 15-15. Dalam situasi krusial, David bisa merebut dua poin beruntun untuk menang 17-15 dan memastikan langkah ke semifinal tenis meja Paralimpiade Tokyo.

Kesuksesan David Jacobs tersebut, membuatnya menjadi atlit para tenis meja Indonesia tersisa dirinya sendiri. Pasalnya, dua rekannya di kelasnya mading-masing yaitu Kornet Akbar dan Adyos Astan (asal Ambon juga) terhenti langkahnya di babak 8 Besar dan 16 Besar.

Komet Akbar tidak mampu mengikuti jejak David. Komet yang bertemu dengan wakil Prancis, Mateo Boheas kalah lewat permainan empat gim.

Komet kalah 1-3 dari lawannya itu dengan skor 12-15, 5-11, 11-5 dan 10-12. Sedangkan sebelumnya Adyos Astan di 16 Besar pada kelas 4 kalah 1-3 dari atlet asal Mesir.

Untuk diketahui, David Jacobs diharapkan mengulang prestasinya yang pernah merebut medali perunggu di Paralimpiade London tahun 2012.

Sementara itu, satu atlit putri asal Maluku lainnya yang memperkuat kontingen Indonesia di cabang atletik, yaitu Elvin Elhuda Sesa baru akan berlomba pada Senin 30 Agustus 2021.

Sesuai jadwal Elvin Elhudia Sesa yang lahir di Waipo Masohi, Maluku Tengah akan bertanding pada nomor Women's 400m - T20 Round 1 - Heat 1.

Kontingen Indonesia hingga kini sudah meraih dua medali. Yaitu 1 perak dari cabang angkat berat putri dan 1 perunggu dari cabang atletik pada nomor 100 meter putra.  (novi pinontoan)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!