Sekilas Info

Atlet Asal Maluku di Paralimpiade Tokyo 2021; David Jacobs Menang 3-0 di Laga Pertama, Adyos Astan Kalah 1-3

satumalukuID - Tiga atlet para tenis meja Indonesia sudah bertanding di hari kedua Paralympic 2021 atau Paralimpiade (Olimpiade khusus penyandang cacat), Rabu 25 Agustus 2021 di Tokyo Jepang.

Dari ketiga petenis meja tersebut, dua diantaranya adalah atler berdarah Ambon Maluku yaitu David Jacobs dan Adyos Astan. Satu lainnya yakni Kornet Akbar.

Pada laga pertama di masing-masing grup, David Jacobs menang 3-0 atas lawannya. Sedangkan Adyos Astan kalah 1-3 dan Kornet Akbar juga kalah 0-3.

Seperti dirilis CNNIndonesia, David Jacobs meraih kemenangan atas wakil Montenegro, Luka Bakic, yang berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Rabu (25/8)..

David yang turun di nomor tunggal putra klasifikasi kelas 10, menang tiga gim langsung pada laga penyisihan Grup B. Pada gim pertama yang berlangsung lima menit, David menang 11-5.

Memasuki gim kedua, Bakic memberi perlawanan. Namun David mengemas kemenangan 11-7. Gim ketiga berlangsung lebih alot sebelum David menutup kemenangan dengan skor 11-9.

Selanjutnya David akan bertemu dengan wakil Spanyol, Jose Manuel Ruiz Reyes, dalam laga yang berlangsung Kamis (26/8).

David merupakan atlet berpengalaman di ajang Paralimpiade. Pada 2012, David meraih medali perunggu di Paralimpiade London. Lima tahun lalu di Paralimpiade Rio De Janeiro, David juga menjadi wakil Indonesia. Sedangkan di Asian Para Games 2018 David merebut medali emas.

Sementara wakil Indonesia lainnya di cabor tenis meja klasifikasi kelas 10, Komet Akbar, harus mengakui kemenangan sang lawan Patryk Chojnowski. Komet kalah 5-11, 7-11, dan 6-11 dari wakil Polandia tersebut.

Selain tampil di nomor tunggal, David dan Komet juga direncanakan tampil di nomor ganda klasifikasi kelas 10.

Sedangkan, Adyos Astan juga belum berhasil meraih kemenangan di laga pertama. Wakil Indonesia di klasifikasi kelas 4 itu kalah dari wakil Turki, Abdullah Ozturk.

Kalah 8-11 di gim pertama, Adyos menang 11-6 di gim kedua. Namun dalam dua gim terakhir Adyos kembali kalah 3-11 dan 7-11.

Adyos yang lahir di Namlea Pulau Buru Maluku merupakan atlet tertua kontingen Indonesia yang berumur 53 tahun. Ia akan kembali tampil dalam laga kedua Grup A menghadapi Rafal Lis asal Polandia, Kamis (26/8).

Sementara itu, satu atlet putri asal Maluku lainnya yang memperkuat kontingen Indonesia di cabang atletik, yaitu Elvin Elhuda Sesa baru akan berlomba pada Senin 30 Agustus 2021.

Sesuai jadwal Elvin Elhudia Sesa yang lahir di Waipo Masohi, Maluku Tengah akan bertanding pada nomor Women's 400m - T20 Round 1 - Heat 1. (novi pinontoan)

Baca Juga

error: Content is protected !!