Sekilas Info

Lantamal IX/ Ambon Intensif Gencarkan Vaksinasi untuk Nelayan

Photo: HO/Dispen Lantamal IX Ambon/ant Seorang tenaga kesehatan mendapatkan vaksinasi dosis ketiga pada program serbuan vaksinasi masyarakat maritim di mako Lantamal IX Ambon, Senin (23/8/2021).

satumalukuID - Pihak Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX/ Ambon intensif  menggencarkan seribuan vaksinasi kepada para nelayan, anak buah kapal (ABK) dan masyarakat umum di wilayah kerjanya.

"Kami sejak Sabtu (21/8/2021) menggencarkan serbuan vaksinasi untuk menjemput para nelayan maupun ABK yang sedang melaut agar bersedia divaksinasi COVID -19  sehingga kekebalan tubuh mereka terhadap virus corona semakin meningkat," kata Komandan Lantamal IX/ Ambon,  Kolonel Mar. Said Latuconsina, di Ambon, Senin.

Menurutnya, pihaknya pada Sabtu (21/8/2021) menggelar vaksinasi kepada nelayan, ABK serta warga pesisir di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah. Lantamal IX juga mengoperasikan kapal Sea Rider Satrol untuk mendatangi para nelayan dan ABK yang sedang melaut di perairan tersebut untuk divaksinasi COVID-19.

Pada Minggu (22/8/2021) Lantamal IX bekerja sama dengan pihak Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ambon, melakukan vaksinasi kepada nelayan dan ABK  penangkap ikan yang bersandar di dermaga tersebut.

Sedangkan pada Senin (23/8/2021), pihaknya juga membuka gerai vaksinasi di halaman rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr. FX Suhardjo di Desa Halong, Kota Ambon baik untuk vaksinasi tahap ketiga bagi puluhan tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di institusi tersebut.

Selain itu vaksinasi di mako Lantamal itu juga dibuka untuk warga sekitar baik yang ingin divaksinasi COVID -19  dosis pertama maupun kedua, dengan target 100 orang dapat dilayani.

"Selama tiga hari ini sudah lebih dari 500 warga yang dilayani. Program serbuan vaksinasi masyarakat maritim ini akan terus dilakukan di berbagai tempat yang dapat dijangkau, dengan sasaran membentuk kekebalan komunitas dalam menghadapi pandemi COVID-19." tandas Said.
Sedangkan Karumkital dr. FX. Suhardjo Letkol Laut (K) drg. Bambang Teguh, membenarkan vaksinasi pada Senin (23/8) selain dikhususnya untuk pemberian dosis ketiga bagi puluhan Nakes Lantamal IX, juga dibuka bagi warga sekitar.

Program serbuan vaksinasi merupakan instruksi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk berjuang dan saling bahu-membahu dalam percepatan penanganan COVID-19, terutama masyarakat maritim.

Serbuan vaksinasi merupakan salah satu upaya Lantamal IX/ Ambon untuk membantu pemerintah melindungi warga negara dengan memberikan dan memfasilitasi vaksinasi  kepada masyarakat di seluruh kawasan nusantara, guna meningkatkan kekebalan komunitas dan memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Kami juga terus mengimbau dan mengingatkan masyarakat agar secara ketat menerapkan protokol kesehatan melalui mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan melaksanakan vaksinasi ^M) ," tegas Bambang.

Penulis: Jimmy Ayal/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!