Sekilas Info

Josef Muskita; Tokoh Maluku yang Jadi Atlet Olimpiade, Pejuang, Jenderal, Dubes dan Sekretaris Wapres

satumalukuID - Olimpiade Tokyo 2021 baru saja berakhir. Kini berlanjut di negara yang sama even Paralympic atau Olimpiade untuk para penyandang disabilitas (cacat) 24 Agustus hingga 6 September 2021.

Sebagaimana ditulis sebelumnya pada tulisan Jejak Atlet Asal Maluku di Olimpiade maupun Tiga Atlet Asal Maluku Lolos Ikut Paraolimpiade Tokyo 2021. Ternyata selain mereka yang disebut pada tulisan awal. Ada satu atlet berdarah Maluku juga yang pernah ikut Olimpiade 1960 di Italia.

Siapakah atlet itu?

Dia adalah almarhum Josef Muskita atau lebih dikenal Jost Muskita. Dalam data Olympic.com namanya tercatat sebagai atlet Olimpiade Roma/Napoli, Italia 1960, ia ikut perkuat kontingen Indonesia di cabang olahraga layar kelas naga.

BACA JUGA: Jejak Orang Maluku di Olimpiade; Gomies, Riewpassa, Tahapary, Papilaya, Mainaky, Joseph dan Tehupiory

Pada Olimpiade 1960 tersebut, Muskita bersama Ashari Danudirdjo dan Eri Sudewo perkuat kontingen Indonesia. Namun mereka hanya menempati peringkat 26 kelas naga dengan 795 poin.

Istri dari Jost Muskita juga merupakan atlet top Indonesia di era 1950 hingga 1960 an yaitu Henriette Josephine Latuharhary atau lebih dikenal dengan panggilan Mans Muskita, putri dari pahlawan perintis kemerdekaan dan Gubernur Maluku pertama, Mr Johanes Latuharhary.

Mans Muskita merupakan atlet beberapa cabang olahraga seperti layar, atletik, golf yang meraih medali emas lari 100 meter di PON Solo. Mans Muskita juga perkuat Indonesia di even internasional GANEFO dan Asian Games 1962. Di beberapa referensi, ia juga diberitakan tampil di Olimpiade 1968 Meksiko.

Selanjutnya 1 2 3 4

Baca Juga

error: Content is protected !!