Sekilas Info

Lantamal IX Ambon Gelar Vaksinasi Bagi Nelayan di Desa Tulehu

Photo: Jimmy Ayal/ant

satumalukuID - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon menggelar "Serbuan Vaksinasi" untuk para nelayan dan warga pesisir di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu.

"'Serbuan Vaksinasi' ini menyasar para nelayan dan warga pesisir, sekaligus mendekatkan jangkauan vaksinasi dengan masyarakat serta mendukung tercapainya kekebalan komunitas di Maluku," kata Komandan Lantamal IX Ambon Kolonel Mar. Said Latuconsina di Ambon, Sabtu.

Said yang didampingi Ketua Korcab IX Daerah Jalasenatri Armada (DJA) III Widiya Latuconsina, berkesempatan meninjau vaksinasi yang dipusatkan di Pelabuhan Perikanan Desa Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah.

Ia menegaskan "Serbuan Vaksinasi" itu instruksi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar seluruh jajaran TNI-AL mendukung secara totalit program pemerintah memutus mata rantai penularan COVID-19, terutama dengan menyasar masyarakat maritim dalam program vaksinasi.

"Karena itu kami menyisir nelayan dan warga pesisir sebagai target Lantamal IX untuk mendapatkan suntikan vaksinasi," ujarnya.

Dia mengatakan "Serbuan Vaksinasi" masyarakat maritim salah satu upaya pemerintah melalui TNI AL untuk melindungi warga negara dengan memberikan, mendukung, serta memfasilitasi vaksinasi bagi masyarakat di seluruh kawasan Nusantara.

Vaksinasi itu menargetkan 150 nelayan dan warga pesisir dengan melibatkan 12 vaksinator dari Rumkital dr. FX. Suhardjo Lantamal IX Ambon, didukung personel Lantamal, Satuan Patroli dan Pomal Lantamal IX Ambon.

Dalam pelaksanaannya, Lantamal IX mengoperasikan kapal Sea Rider Satrol untuk mendatangi para nelayan yang sedang melaut untuk divaksin COVID-19.

"Jadi kapalnya beroperasi membawa tenaga vaksinator ke kapal-kapal ikan yang sedang beroperasi di tengah laut dan langsung melakukan vaksinasi kepada anak buah kapal (ABK)," katanya.

Dia berharap, masyarakat semakin tergerak untuk mengikuti vaksinasi, baik dilakukan Lantamal Ambon maupun jajaran TNI lainnya, serta pemerintah daerah di masing-masing daerah.

Penulis: Jimmy Ayal/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!