Sekilas Info

Kasad Pimpin Sertijab Pangdam Pattimura, Rahawarin Alihkan Tugas kepada Bambang Ismawan

satumalukuID - Jabatan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI Pattimura (Maluku dan Maluku Utara), secara resmi sudah diserahterimakan dari Mayjen TNI Jeffry A. Rahawarin kepada Mayjen TNI Bambang Ismawan, Jumat (20/8/2021).

Sertijab tersebut dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa bersamaan dengan empat jabatan dan laporan kenaikan pangkat 18 Perwira Tinggi (Pati) TNI AD, bertempat di Lantai Dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta.

Empat jabatan Pati yang diserahterimakan yaitu, Pangdam III/Siliwangi dari Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto kepada Mayjen TNI Agus Subiyanto, Pangdam XVI/Pattimura dari Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin kepada Mayjen TNI Bambang Ismawan.

Kemudian, Asintel KSAD dari Mayjen TNI Bambang Ismawan kepada Mayjen TNI Suko Pranoto dan Dirtoppad dari Brigjen TNI Asep Edi Rosidin kepada Kolonel Ctp Adik Sugiyanto.

Selanjutnya untuk Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin dan Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menduduki jabatan baru sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III dan Inspektur Jenderal TNI AD (Irjenad).

Dengan jabatan Pangkogabwilhan III dan Irjenad, maka pangkat Rahawarin dan Wiryanto akan naik tiga bintang atau Letnan Jenderal (Letjen).

"Iya sudah (sertijab). Nanti acara lepas pisahnya di Ambon hari Senin," ungkap Mayjen Rahawarin saat dikonfirmasi Jumat malam.

Ada yang menarik pada sertijab kali ini khususnya pada jabatan Pangkogabwilhan dan Asisten Intelejen Kasad.

Pasalnya, Mayjen Jeffry Rahawarin menjadi Pangkogabwilhan III yang membawahi wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, menggantikan Letjen TNI Agus Rohman merupakan mantan Pangdam Pattimura sebelumnya yang juga digantikan oleh Rahawarin.

Sedangkan, Mayjjen Bambang Ismawan yang sudah resmi Jadi Pangdam Pattimura, jabatannya sebagai Asintel Kasad digantikan oleh Mayjen Suko Pranoto yang juga adalah mantan Pangdam Pattimura.

Pangdam Pattimura yang baru pernah berkarier sebagai prajurit korps baret merah atau Kopasus. Sebelum jadi Asintel Kasad, Mayjen Bambang Ismawan pernah menjabat Danrem 012/Teuku Umar (2016—2017), Danrem 121/Alambhana Wanawai (2017—2018), Kepala Staf Kodam V/Brawijaya (2018—2020) dan Wakil Komandan Pusat Teritorial TNI AD (2020—2021).

Penulis: sm-05
Editor:NOVI PINONTOAN

Baca Juga

error: Content is protected !!