Sekilas Info

Ratusan Nakes di Ambon Kembali Divaksinasi Covid-19 Dengan Vaksin Moderna

satumalukuID/Husen Toisuta Seorang perempuan warga Kota Ambon tampak sedang disuntik vaksin. Kegiatan itu merupakan rangkaian vaksinasi 1 juta orang per hari yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Sabtu (26/6/2021).

satumalukuID- Ratusan orang tenaga kesehatan (nakes) di Kota Ambon kembali menjalani vaksinasi Covid-19. Vaksin yang disuntikan adalah jenis terbaru yaitu Moderna.

Vaksin Moderna sendiri disediakan khusus untuk para nakes yang dianggap sangat rentan terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Nakes yang sudah divaksin dengan Moderna sebanyak 335 orang (belum termasuk hari Jumat dan Sabtu). Kemarin juga program ini digelar dibeberapa puskesmas," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (15/8/2021).

Ratusan orang nakes kembali menjalani vaksinasi setelah pimpinan Fasilitas Kesehatan (Faskes) tempatnya bekerja memasukan Pakta Integritas. Sebab, pakta integritas merupakan syarat utama penyuntikan vaksin Moderna.

"Sudah banyak yang masukan pakta integritas, saya tidak hafal (jumlah pasti) tapi sebagian besar sudah. Kita sementara tunggu dari RSUD Haulussy agar mereka bisa lakukan sendiri," sebutnya.

Wendy menyebutkan, pemberian vaksin Moderna saat ini hanya untuk nakes prioritas. Mereka yang berhubungan langsung dengan pelayanan Covid-19.

Tidak semua nakes di Ambon yang berjumlah 3.333 orang divaksinasi dengan Moderna, karena keterbatasan stok.

Para nakes yang diprioritaskan mendapat vaksin Moderna yaitu mereka yang melayani di Puskesmas, Rumah Sakit, Rumah Sakit Lapangan, dan Tempat-tempat Isolasi.

"Jumlah nakes kita 3.333 orang, sementara kita punya vaksin yang dibagi kemarin itu ada 1.330 dosis, jadi memang kita fokus betul ke nakes yang langsung melayani di lapangan," pungkasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!