Sekilas Info

Sejumlah Titik Keramaian Dipenuhi Umbul-Umbul Sambut HUT Proklamasi

Photo: Abdul Fatah/ant Sejumlah titik keramaian di berbagai kabupaten/kota di Maluku Utara dipenuhi berbagai umbul-umbul di lingkungan permukiman warga hingga berbagai perkantoran pemerintah maupun swasta.

satumalukuID - Sejumlah titik keramaian di berbagai kabupaten/kota di Maluku Utara (Malut) dipenuhi berbagai umbul-umbul di lingkungan permukiman warga hingga berbagai perkantoran pemerintah maupun swasta dalam rangka menyambut HUT Proklamasi RI ke-76.

Sekkot Ternate, Jusuf Sunya di Ternate, Jumat, mengatakan, seluruh instansi perkantoran pemerintah dan swasta telah memasang umbul-umbul maupun berbagai pernak-pernik yang inovatif dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-76.

"Memang, dalam menyemarakkan Kemerdekaan RI pada 2021 ini, Pemkot Ternate telah menindaklanjuti surat Mendagri nomor : 003.1/3743/SJ tertanggal 30 Juni 2021 terkait pelaksanaan pemasangan bendera dan umbul-umbul dalam memeriahkan HUT Proklamasi," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya meminta setiap lingkungan, gedung pemerintah maupun swasta serta berbagai tempat strategis memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk secara serentak sejak 2 hingga 31 Agustus 2021.

Olehnya itu, Pemkot Ternate mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk turut menyemarakkan bulan kemerdekaan dengan berpartisipasi memasang bendera merah-putih, dekorasi, umbul-umbul dan hiasan lainnya di tempat permukiman.

Sementara itu, menyambut HUT  RI ke 76, Pemerintah Desa Karamat,  Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), bersama karang taruna desa setempat  menampilkan tiga tarian.

Kepala Desa Karamat, Ardin Ramli mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu penyambutan HUT RI ke -  76, maka dengan adanya kegiatan seperti ini agar para siswa tidak melupakan budaya para leluhur.

"Tarian sari pinang dan tanam padi bukan merupakan tarian dari Taliabu. Namun,  tarian ini semua dariAceh tetapi saya mengajarkan kepada para siswa MTS karamat, " ujarnya.

Dia mengakui, tarian ini sudah ditampilkan saat peresmian RSUD Bobong, kegiatan Dinas Kesehatan Taliabu dan peresmian kampung KB di Desa Karamat.

Penulis: Abdul Fatah/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!