Sekilas Info

Lanal Saumlaki Gelar Aksi Donor Plasma Konvaselen dan Darah

Photo: Simon Lolonlun/ant Komandan Lanal Saumlaki Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab IX DJA III Metty Musa meninjau aksi donor plasma konvaselen dan donor darah di mako Lanal Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kamis (12/8/2021).

satumalukuID - Pangkalan TNI AL (Lanal) Saumlaki, menggelar aksi donor darah dan donor plasma konvaselen yang diperuntukkan bagi masyarakat di kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, provinsi Maluku yang membutuhkan donor tersebut.

"Aksi donor darah dan donor plasma konvaselen dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat," kata Komandan Lanal Saumlaki Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa, di Saumlaki, ibu kota Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jumat.

Pada aksi kemanusiaan yang dipusatkan di mako Lanal melibatkan tenaga kesehatan dari Laboratorium RSUD P.P dr. Magretti.

Sedikitnya delapan personel Lanal Saumlaki menjadi sukarelawan untuk mendonorkan darah dan plasma konvaselen.

Setiap pendonor diwajibkan melewati beberapa tahapan antara lain pendaftaran serta skrining, dan setelah dianggap memenuhi syarat sebagai pendonor reguler, barulah dilakukan pengambilan darah dan observasi.
Aksi kemanusiaan tersebut ditinjau langsung oleh Komandan Lanal beserta Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab IX DJA III Metty Ridwan Rizky Musa, guna memastikan kegiatan berjalan lancar, dan hasilnya dilaporkan kepada Kasal melalui video conference.

Danlanal menyatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat bebas COVID-19, dan dilaksanakan secara serentak di 34 provinsi oleh seluruh jajaran TNI AL, serta ditinjau langsung oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono secara daring.

"Kegiatan donor plasma konvalesen dan donor darah ini dalam rangka membantu masyarakat di Kepulauan Tanimbar yang saat ini sedang membutuhkan, karena setetes darah kita sangat berarti bagi mereka," katanya.

Aksi sosial itu juga merupakan bagian dari kegiatan serbuan vaksinasi COVID-19 atas perintah Kasal.

Penulis: Jimmy Ayal/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!