Sekilas Info

940 Narapidana Maluku Diusulkan Terima Remisi Hari Kemerdekaan, Tiga Langsung Bebas

satumalukuID/Istimewa Kepala Kemenkumham Maluku, Andi Nurka.

satumalukuID- Sebanyak 940 orang Narapidana diusulkan untuk mendapat remisi umum (RU) hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021, oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku.

"Sudah dikirim. Totalnya 940 (Napi) yang diusulkan untuk peroleh remisi umum (kemerdekaan)," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, Selasa (10/8/2021).

Ratusan napi yang diusulkan terdiri dari sebanyak 937 orang menerima RU sebagian (RU I) dan 3 diantaranya mendapat RU langsung bebas (RU II).

RU I yang diusulkan terdiri dari satu bulan sebanyak 191 napi, dua bulan 155, tiga bulan 312, empat bulan 153, lima bulan 119, dan enam bulan 7 orang napi.

Sedangkan untuk RU II atau langsung bebas yaitu tiga orang yang memiliki sisa masa tahanan sebesar satu bulan 2 napi dan tiga bulan 1 orang.

Surat Keputusan (SK) remisi belum turun. Biasanya, SK akan diterima tiga sampai dengan satu hari menjelang hari Kemerdekaan.

"Jumlahnya bisa berubah mengingat ada Napi yang SK PB (Pembebasan Bersyarat), CB (Cuti Bersyarat), Asimilasi turun sebelum pelaksanaan RU," katanya.

Menurutnya, saat ini jumlah napi di Maluku sebanyak 1.195 orang. Sementara 380 orang lainnya merupakan tahanan.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!