Sekilas Info

Tiga Pejabat Utama Kogabwilhan III Diduduki Jenderal Asal Maluku; Rahawarin, Saleh Mustafa dan Mahury

satumalukuID - Diluardugaan. Ternyata, tiga jabatan utama pada Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III TNI diduduki oleh tiga jenderal yang berasal dari Maluku dan Maluku Utara.

Ketiganya adalah Mayjen TNI Jeffry A. Rahawarin sebagai Pangkogabwilhan (jabatan tiga bintang atau Letjen), Brigjen TNI Muhammad Saleh Mustafa posisi Kepala Staf Kogabwilhan (jabatan dua bintang atau Mayjen) dan Brigjen TNI Stefanus Mahury yang sudah menjabat sebagai Inspektur Kogabwilhan.

Hal itu terjadi untuk Rahawarin dan Mustafa setelah keluarnya Surat Keputusan (Skep) Panglima TNI Nomor 684/VIII/2021 tertanggal 2 Agustus 2021 yang diteken oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP.

Dalam Skep tersebut terdapat beberapa nama perwira tinggi yang dimutasi dan promosi jabatan. Mulai dari pangkat Letjen Mayjen, Brigjen dan Kolonel.

Nama Mayjen Jeffry Apoly Rahawarin yang lahir di Ambon 21 Januari 1964 ini, dimutasi dari jabatan Pangdam Pattimura menjadi Pangkogabwilhan III. Jenderal dua bintang putra asli Maluku ini akan menggantikan posisi Letjen TNI Agus Rokhmad yang juga mantan Pangdam Pattimura.

Posisi Pangdam Pattimura sendiri selanjutnya dijabat oleh Mayjen TNI Bambang Ismawan SE MM yang saat ini menjadi Asintel KASAD.

Selanjutnya dalam mutasi jajaran TNI kali ini juga terdapat salah satu promosi dari jabatan satu bintang ke dua bintang (Mayjen) yaitu Brigjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

Muhammad Saleh Mustafa  lahir di Ternate, Maluku Utara pada 14 Maret 1969. Ia dipromosikan menjabat Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kaskogabwilhan) II. Ia akan menggantikan Laksda TNI Maman Firmansyah.

Sebelumnya ia menjabat Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya di Jakarta. Juga pernah menjabat Wakil Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri. Sebelumnya sejak 13 April 2016 sampai dengan 27 Oktober 2017 mengemban amanat sebagai Danrem 132/Tadulako.

Dengan jabatan barunya itu. Maka bila dilantik Brigjen Saleh Mustafa naik Mayjen dan berdinas bersama Mayjen TNI Jeffry Rahawarin yang akan naik Letjen sebagai Panglima Komando Gabwilhan III meliputi wilayah Maluku Maluku Utara Papua dan Papua Barat.

Sementara itu, Brigjen TNI Stefanus Mahury merupakan putra Maluku yang lahir di Piru, kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, 17 Mei 1965 (umur 56 tahun) sudah sejak 27 Juli 2020 menjabat sebagai Inspektur Kogabwilhan III.

Mahury menyelesaikan pendidikan umum dari SD, SMP dan SMA semuanya di Kota Ambon.

Untuk diketahui, Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III atau Kogabwilhan III merupakan komando utama operasi, satuan baru yang langsung berada di bawah komando Panglima TNI. Pembentukan Kogabwilhan itu berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan Peningkatan Status 23 Komando Resor Militer.

Markas Kogabwilhan III berkedudukan di Papua dengan wilayah darat meliputi Kepulauan Maluku, Pulau Papua serta wilayah laut dan udara seperti di atas ditambah wilayah ALKI-3b dan sekitarnya. (novi pinontoan)

Baca Juga

error: Content is protected !!