Sekilas Info

Regu Penyelamat Cari Satu Nelayan Hilang di Laut Banda

Photo: Daniel Leonard/ant Sebuah longboat berpenumpang 28 orang nelayan tenggelam di perairan Laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah akibat cuaca buruk dan Tim SAR berhasil mengevakuasi 27 orang dan masih mencari satu nelayan yang hilang atas nama Herson Launga. (7/8/2021)

satumalukuID - Regu penyelamat dari Pos SAR Banda, Kabupaten Maluku Tengah mencari satu nelayan atas nama, Herson Launga (28) yang hilang dan 27 nelayan lainnya berhasil dievakuasi setelah longboat tenggelam di perairan laut Banda akibat buruknya cuaca.

"Satu nelayan atas nama Herson Launga (28) saat ini masih dalam pencarian, sedangkan 27 nelayan lainnya ditemukan dalam keadaan selamat," kata Kepala Kantor Pertolongan dan Pencarian Basarnas Ambon, Mustari di Ambon, Sabtu.

Upaya penyelamatan ini dilakukan Kantor SAR Ambon melalui Pos SAR Banda setelah menerima informasi dari Arifin Launga bahwa ada satu unit longboat nelayan POB 28 orang tenggelam di  perairan laut Banda.

Mendengar informasi ini sekitar pukul 12:30 WIT, lalu dengan menggunakan RIB 07 Tim Rescue Pos SAR Banda beserta unsur potensi SAR dikerahkan menuju LKK guna melaksanakan Operasi SAR pada koordinat 4°30.543` S - 129°55.456` E dan Heading 52,48° arah Timur dari Pos SAR Banda.

Menurut dia, longboat tersebut berangkat dari Pulau Banda Neira pada 6 Agustus 2021 pukul 17:00 WIT hendak menuju daerah penangkapan ikan di perairan Pulau Banda.

Setelah selesai melakukan aktifitas memancing, selanjutnya dalam pelayaran pulangnya ternyata longboat tersebut dihantam gelombang tinggi sekitar pukul 03:00 WIT.

"27 orang berhasil selamat sementara satu orang dinyatakan hilang dan masih dalam upaya pencarian," uja Mustari.

Unsur yang terlibat dalam operasi SAR pada Sabtu (7/8/2021) adalah Tim Rescue Pos SAR Banda, Polsek bersama Polairud Banda dengan menggunakan RIB 07 Pos SAR Banda.

Baca Juga

error: Content is protected !!