Sekilas Info

Pemkab Seram Timur Hibah Tanah 4 Hektar Untuk Bangun Lapas Klas III di Bula

satumalukuID/Istimewa Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas (Kiri) tampak menyerahkan surat keterangan hibah tanah kepada Kakanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, di Pandopo Bupati, Kota Bula, Kamis (5/8/2021).

satumalukuID- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT) menghibahkan tanah seluas 4 hektar kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku.

Lahan yang dihibahkan untuk pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III ini bertempat di Kota Bula, Ibukota Kabupaten SBT. Dengan demikian, Lapas yang tadinya berada di Geser dipindahkan ke Bula.

Hibah tanah resmi diserahkan melalui acara penandatanganan naskah hibah tanah dan berita acara serah terima barang milik daerah antara Pemkab SBT dengan Kanwil Kemenkumham Maluku dan Pengadilan Negeri Dataran Honimua.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Kakanwil beserta para rombongan di Kabupaten SBT yang jauh ini," kata Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya, Kamis (5/8/2021).

Bupati dua periode di SBT itu menyampaikan apresiasi kepada Kemenkumham atas kepercayaannya untuk membangun salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kabupaten penghasil minyak tersebut.

"Hal ini tentu saja akan sangat kami tungggu-tunggu. Karena selain sebagai salah satu pemenuhan sarana penegakan hukum di kabupaten ini, kami masyarakat SBT juga sangat bangga bisa menjadi bagian dalam pembangunan dan kemajuan Provinsi Maluku ke depan," tandasnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Maluku Andi Nurka, mengatakan, penandatanganan dan penyerahan sertifikat tanah dari Kabupaten SBT merupakan agenda penting yang sudah di canangkan sejak lama.

Menurutnya, rencana tersebut sudah ditunggu karena fasilitas Lapas sebelumnya di Geser sudah tidak memadai, ditambah dengan jauhnya rentang kendali penegakan hukum dari Geser ke Bula.

Olehnya itu, kata Andi, pihaknnya menganggap perlu untuk dilakukan pemindahan Lapas Klas III dari Geser ke Bula, sebagai pusat ibukota.

"Terima kasih yang sedalam-dalamnya dan sebesar-besarnya atas perhatian bapak Bupati beserta jajaran kepada Kemenkumham. Sudah lama hal ini kami rencanakan, tapi baru terlaksana hari ini," katanya.

"Saya berpikir kasihan bagi rekan-rekan Kejaksaan, Kepolisian yang bolak-balik mengantar tahanan dari Geser ke Bula. Jadi saya harap ini bisa menjadi alternatif terbaik bukan hanya kepada aparatur penegak hukum, tetapi juga membuka akses pengunjung Warga Binaan bisa lebih mudah dan efisien apalagi di masa pandemi ini," tandasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan penyerahan hibah tanah ini selain Kakanwil Kemenkumham Maluku dan Bupati SBT, juga dihadiri Kepala Bagian Umum, La Margono, Kepala Lapas Klas III Geser, Idris Kilkoda, beserta para pejabat di lingkungan kantor wilayah (Kanwil) Maluku.

Turut hadir mendampingi Bupati di pandopo yaitu Sekretaris Daerah, Jafar Kwaimaratu, Kepala Bagian Hukum, Muchtar Rumadan, serta Forkopimda kabupaten SBT yang juga melaksanakan serah terima hibah lahan kepada pihak Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa.

Lahan seluas 4 hektar yang dihibahkan tersebut, selain membangun Lapas Kelas III, juga beserta perumahan dinas pegawai.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak kepada bapak Bupati beserta seluruh masyarakat SBT yang membuka hati dan memberikan lahan untuk Kemenkumham hadir di sini. Kami selaku Pimpinan di daerah akan mendorong segera hasil kegiatan ini ke Pusat, sehingga kita berharap agar segera di tindaklanjuti," tutup Kakanwil Andi.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!