Sekilas Info

Latuconsina Jadi Putra Daerah Maluku Kedua setelah Pattihahuan yang Jabat Komandan Lantamal Ambon

Foto kiri Laksamana Pertama (Purn) John Pattihahuan dan Kolonel Mar Said Latuconsina (kanan) serta foto insert Laksamana Muda (Purn) Franky Kayhatu.

satumalukuID – Tak banyak putra daerah Maluku yang menjadi Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Ambon. Jika nanti Kolonel Mar Said Latuconsina dilantik menjadi Danlantamal Ambon, maka dia menjadi orang kedua Putra daerah Maluku yang menjabat posisi kunci tersebut.

Sebelumnya,  kisaran akhir 1980-an ada putra daerah Maluku yang menjabat Danlantamal Ambon, yakni John Pattihahuan.

Ketika menjabat Danlantamal Ambon John berpangkat Kolonel Laut karena memang job tersebut saat itu ditempati perwira menengah berpangkat Kolonel. Alumnus SMA Negeri 1 Ambon ini baru mendapatkan pangkat Laksamana Pertama setelah tugas promosi di Jakarta.

Pattihahuan yang berasal dari Negeri Hutumuri Ambon merupakan lulusan Akabri tahun 1964. Dia pensiun dengan pangkat terakhir Laksamana Pertama (Laksma) dan tinggal di Jakarta.

John Pattihahuan juga pernah menjadi perwira pelaksana (Palaksa) di KRI Dewaruci dan sempat dikaryakan untuk membantu program Presiden BJ Habibie dalam penguatan kekuatan maritim.

Sebenarnya ada lagi putra daerah Maluku yang pernah menjadi orang nomor 1 yang membawahi komando TNI AL untuk Maluku. Dia adalah Laksamana Muda (Purn) Franky Kayhatu.

Pada Juni 1998, Kayhatu yang masih berpangkat Laksamana Pertama (Laksma) diangkat sebagai Komandan Lantamal X yang membawahi Papua dan Maluku. Namun, belakangan mengikuti pola sebelumnya, Lantamal IX Ambon yang sempat turun grade menjadi Lanal Ambon kembali diaktifkan terpisah dengan Lantamal X Papua.

Kayhatu yang dikenal sebagai mantan Ajudan Laksamana (Purn) Sudomo itu sempat menjabat sebagai anggota DPR RI pada tahun 2002 – 2004.

Penulis: m-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!