Sekilas Info

Vaksinasi Nakes di Ambon Dosis Ketiga Dimulai Pekan Depan

Photo: FB Anggoro/foc/ant Seorang pria bertato mendapat suntikan vaksin saat kegiatan Serbuan Vaksinasi COVID-19 massal di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Provinsi Maluku, Jumat (2/7/2021).

satumalukuID - Pemerintah Kota Ambon akan memulai  vaksinasi COVID-19 dosis ketiga bagi seluruh sumber daya kesehatan di Ibu Kota Provinsi Maluku tersebut pada pekan kedua bulan Agustus 2021.

"Pekan depan direncanakan akan dilakukan vaksinasi tahap tiga bagi seluruh SDM kesehatan di Kota Ambon, kami akan melakukan rapat dengan seluruh fasilitas layanan kesehatan untuk kesiapan vaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Ambon, Wendy Pelupessy, di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, penerima vaksin ketiga harus menandatangani pernyataan yang menyatakan siap divaksin. Jumlah Nakes berdasarkan data Dinkes Ambon ada sebanyak 3.640 orang, sedangkan total SDM kesehatan ada 4.053 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Direktur Rumah Sakit, Kepala Puskesmas, dan pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan lain memastikan dan bertanggung jawab bahwa pemberian vaksinasi dosis ketiga SDM kesehatan yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

Dengan menandatangani pakta integritas terlampir, dan mengirimkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dan tembusan ke Kementerian Kesehatan (email: paktaintegritas@kemkes.go.id).

"Vaksinasi dosis ketiga diberikan kepada SDM kesehatan yang terlibat mendukung kegiatan penanganan COVID-19," ujarnya.

SDM kesehatan yang mendapat dosis ketiga itu sebelumnya telah mendapatkan dua dosis vaksinasi COVID-19 lengkap.

Vaksinasi dosis ketiga dapat menggunakan vaksin jenis sama atau berbeda, berjarak minimal tiga bulan setelah dosis kedua, yakni vaksin Moderna mRNA-1273 dengan ketentuan diberikan secara intramuskular dengan dosis 0,5 mL.

Baca Juga

error: Content is protected !!