Sekilas Info

Mayjen TNI Jeffry Rahawarin Bakal Naik Pangkat Tiga Bintang, Jabat Pangkogabwilhan Bawahi Maluku – Papua

Foto: ANTARA/Abdul Fatah Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayor Jenderal TNI Jeffry Apoly Rahawarin, saat melakukan kunjungan kerja pertamanya ke Korem 152/Baabullah di Ternate, sekaligus menemui anak mendiang Sultan Ternate, Hidayat Mudaffar Sjah, di Istana Kesultanan Ternate, Maluku Utara, Selasa (7/6/2021).

satumalukuID - Panglima Kodam XVI Pattimura, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Jeffry Apoly Rahawarin dalam waktu dekat akan naik pangkat menjadi tiga bintang atau Letnan Jenderal (Letjen).

Informasi yang diterima satumaluku.id Selasa 2 Agustus 2021, Mayjen Jeffry Rahawarin dipromosikan untuk menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan) yang merupakan posisi jabatan kepangkatan level Letjen.

Kepastian itu setelah media ini memperoleh salinan copy Surat Keputusan (Skep) Panglima TNI Nomor 684/VIII/2021 tertanggal 2 Agustus 2021 yang diteken oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP.

Dalam Skep tersebut terdapat beberapa nama perwira tinggi yang dimutasi dan promosi jabatan. Mulai dari pangkat Letjen Mayjen, Brigjen dan Kolonel.

Nama Mayjen Jeffry Apoly Rahawarin berada di urutan nomor 9. Ia dimutasi dari jabatan Pangdam Pattimura menjadi Pangkogabwilhan III. Jenderal dua bintang putra asli Maluku ini akan menggantikan posisi Letjen TNI Agus Rokhmad yang juga mantan Pangdam Pattimura.

Posisi Pangdam Pattimura sendiri selanjutnya dijabat oleh Mayjen TNI Bambang Ismawan SE MM yang saat ini menjadi Asintel KASAD.

Dalam Skep tersebut, juga terdapat nama mantan Pangdam Pattimura lainnya yaitu Mayjen TNI Suko Pranoto yang kini menjabat Wairjenad dipindahkan sebagai Asintel KASAD.

Jabatan-jabatan penting lainnya dalam Skep tersebut diantaranya Komandan Paspampres, Pangdam Siliwangi, Wadanjen Kopassus dan lainnya.

Sementara itu, sumber media ini di Kodam Pattimura yang dikonfirmasi tentang mutasi promosi Mayjen Jeffry Rahawarin, mengatakan informasi itu benar.

"Iya benar. Skep nya baru keluar tadi," ungkap sumber di Kodam Pattimura tersebut.

Dengan posisi sebagai Pangkogabwilhan yang nantinya berpangkat Letjen. Maka dalam catatan Rahawarin akan menjadi putra Maluku ketiga yang berpangkat tiga bintang di jajatan TNI AD. Sebelumnya yaitu Letjen Leo Lopulisa dan Letjen Suaidy Marasabessy. Sedangkan tertinggi adalah Jenderal TNI George Toisuta.

Untuk diketahui, Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III atau Kogabwilhan III merupakan komando utama operasi, satuan baru yang langsung berada di bawah komando Panglima TNI. Pembentukan Kogabwilhan itu berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan Peningkatan Status 23 Komando Resor Militer.

Markas Kogabwilhan III berkedudukan di Biak, Papua dengan wilayah darat meliputi Kepulauan Maluku, Pulau Papua serta wilayah laut dan udara seperti di atas ditambah wilayah ALKI-3b dan sekitarnya. (novi pinontoan)

Baca Juga

error: Content is protected !!